Find Us On Social Media :

Wajarkah Payudara Sakit Saat Menstruasi? Begini Cara Merawatnya

payudara sakit saat akan menstruasi

GridHot.idMenstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dilalui setiap wanita. Namun gejala atau dampak yang ditimbulkan dari mentsruasi itu sendiri berbeda-beda.

Ada yang merasakan rasa nyeri yang luar biasa saat menstruasi, timbul jerawat hingga yang paling umum, merasakan sakit pada bagian payudara.

Pertanyaannya, sebenarnya normal enggak sih kita merasakan sakit pada payudara sebelum menstruasi? Atau adakah hal yang salah?

Nah, ketahui 3 hal penting ini tentang payudara yang sakit sebelum menstruasi!

Baca Juga : Mewahnya Kamar Putri Delina, Dilengkapi dengan Ruang Khusus Pakaian yang Millenial Banget!

Penyebab payudara bisa sakit sebelum menstruasi

Penyebab utama payudara bisa terasa sakit saat tersentuh sebelum masa menstruasi tiba adalah karena hormon yang berubah.

Jadi, sebelum menstruasi, hormon yang menguasai adalah hormon estrogen dan progesterone. Hormon estrogen akan membuat payudara kita terlihat lebih besar, sedangkan hormon progesterone akan membuat payudara kita seperti membengkak, karena kelenjar susu juga membesar. Kedua hormon ini yang membuat payudara kita terasa sakit sebelum menstruasi, girls!

Alhasil, kita akan merasakan payudara yang terasa sangat kencang atau kenyal, tapi keduanya akan sangat sakit apabila tersentuh, walaupun hanya dengan tangan atau lengan kita sendiri.

Ini akan kita rasakan kurang lebih seminggu sebelum menstruasi dan akan berhenti sebelum benar-benar darah menstruasi keluar.

Baca Juga : Begini Cara Mudah Mengetahui Penyakit Jantung dengan Menyentuh Ujung Kaki, Berani Coba?

Merawat payudara yang sakit sebelum menstruasi