Find Us On Social Media :

Ditemukan Gunung Api Bawah Laut di Bengkulu Setinggi 4,6 kilometer, Salah Satu yang Tertinggi di Dunia!

Peta Bengkulu

GridHot.ID - Di tengah kabar erupsi Gunung Anak Krakatau yang terus terjadi dan beberapa gunung yang mulai menunjukkan aktivitas vulkanik, muncul kabar tentang gunung api raksasa di bawah laut Bengkulu.

Banyak yang takut dengan adanya gunung api bawah laut itu memicu rangkaian bencana alam lain khususnya di Pulau Sumatera.

Lalu benarkah ada gunung berapi bawah laut yang kabarnya ada di wilayah Bengkulu itu?

Kabar tentang gunung bawah laut di Bengkulu ini sebenarnya mulai ramai di tahun 2013 silam.

Asisten II Pemprov Bengkulu tahun 2013 kemarin, Ir M Nasyah, MT, mengatakan bahwa gunung api tersebut berada di antara Pulau Enggano dan Pulau Mega serta merupakan salah satu gunung bawah laut tertinggi di dunia.

"Itu kan sudah ada penelitian dari Perancis dan memang benar ada gunung berapi bawah laut, hanya saja posisi keaktifannya rendah atau tinggi belum diketahui. Untuk itulah, kita minta datanya kepada peneliti Perancis tersebut sebab ada potensi bencana yang sangat besar," katanya dikutip Kompas.com (2013).

Penemuan gunung api di bawah laut Bengkulu ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan lewat kerja sama antara Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), LIPI, Institut de Physique du Globe (IPG), dan lembaga lainnya.

Baca Juga : Sudah Dinyatakan Berstatus Siaga, Letusan Gunung Anak Krakatau Tiba-tiba Berhenti Sama Sekali

Penelitian sebelumnya pada tahun 2009, seorang peneliti dari BPPT, Yusuf Surachman pernah mengatakan betapa besarnya gunung ini.

"Gunung api ini sangat besar dan tinggi. Di daratan Indonesia, tak ada gunung setinggi ini kecuali Gunung Jayawijaya di Papua," kata Yusuf.

Ia mengatakan, puncak gunung tersebut berada di kedalaman 1.280 meter di bawah permukaan laut.

Sementara itu, Danny Hilman Natawidjaja dari Geoteknologi LIPI mengatakan bahwa yang ditemukan di Bengkulu memang gunung api.