Find Us On Social Media :

Kronologi F-16 TNI AU Force Down Pesawat Asing Ethiopian Airlines di Batam

F-16 TNI AU Intercept pesawat Ethiopian Airlines di langit Kepulauan Riau

Gridhot.ID - Dua jet tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI AU dari Skadron Udara 16 yang bersarang di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru pada Senin kemarin melakukan intercept kepada pesawat asing.

Pesawat asing yang dimaksud ialah Ethiopian Airlines.

Pesawat asing tersebut dipaksa mendarat (Force Down) oleh F-16 TNI AU lantaran kepergok terbang tanpa izin masuk wilayah udara Indonesia.

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (15/1) Danskadron 16 Lanud Rsn Pekanbaru Letkol Pnb Bambang Apriyanto kemudian memberikan pernyataan terkait hal ini.

Baca Juga : Terungkap, CIA Pernah Berencana Menghabisi Soekarno Karena Bentuk Gerakan Non-Blok

"Pesawat yang kami force down ini jenis Boeing B777 yang dioperasikan oleh maskapai Ethiopian Airlines dengan nomor registrasi ET-AVN," ungkap Bambangseperti dilansit dari Kompas.com, Senin.

Bambang melanjutkan jika proses intercept memakan waktu 20 menit karena ada sedikit kendala Flight Information Region (FIR) sekitar Batam yang masih dikendalikan oleh Singapura.

"Kendalanya karena posisi pesawat Ethiopia saat itu berada di ruang udara Batam yang masih dikendalikan Singapura. Tapi semuanya berjalan lancar," ucap Bambang.

Ketika dipaksa turun pun ke bandara Hang Nadim Batam, pesawat Ethiopian Airlines menurut tak memberikan perlawanan.

Baca Juga : Saat Malaysia Ketakutan Indonesia Bakal Uji Coba Nuklir, Soekarno : Sudah Takdir Tuhan, Indonesia dapat Buat Bom Atomnya Sendiri