Find Us On Social Media :

Sini yang Demo, Pemimpin Sana yang Turun, PM Inggris Theresa May Umumkan Resign dari Jabatannya

PM Inggris Theresa May

Gridhot.ID - Perdana Menteri Inggris Theresa May secara mengejutkan Resign/Mundur dari jabatannya sebagai kepala pemerintahan Negeri Tiga Singa.

Hari ini, Jumat (24/5/2019) politisi berusia 62 tahun itu mengumumkan meletakkan jabatannya sebagai PM.

Salah satu menteri senior kabinet Inggris menyampaikan kepada BBC, May dijadwalkan segera menyampaikan pidato dari kediamannya di 10 Downing Street usai melakukan pertemuan tertutup dengan anggota parlemen Inggris dari partainya Partai Konservatif.

Pidato itu akan menyinggung persiapan transisi kekuasaan dari May ke penggantinya. Politisi berusia 62 tahun itu diperkirakan akan memilih 10 Juni 2019 sebagai hari mulainya proses pemilihan penggantinya.

Baca Juga: Operation Red Dawn, Kisah Satuan Elite Amerika yang 600 Kali Gagal Menangkap Saddam Hussein

May disebut ingin melaksanakan tugas terakhirnya dengan menyambut kunjungan kenegaraan Presiden AS Donald Trump di awal Juni sebelum menyerahkan tampuk kekuasaan.

Perdana Menteri wanita kedua dalam sejarah Inggris ini memang sedang menghadapi tekanan dari Partai Konservatif untuk mengundurkan diri, setelah Kesepakatan Brexitnya ditolak tiga kali oleh Parlemen Inggris termasuk oleh anggota Partai Konservatif.

Penolakan itu mengakibatkan molornya Brexit.

Inggris yang semula dijadwalkan akan meninggalkan Uni Eropa pada 29 Maret 2019 terpaksa menundanya hingga 31 Oktober 2019.

Baca Juga: Lagi Bulan Puasa, Kemaluan Remaja Ini Malah Tersangkut di Pipa Besi Karena Tak Bisa Menahan Hawa Nafsu