Find Us On Social Media :

Saat Kecil Bersikeras Ingin Jadi Polisi, Kini Mgr Ignatius Suharyo Dilantik Langsung Oleh Paus Fransiskus Jadi Kardinal Ketiga Indonesia, Sandang Hak Khusus di Vatikan

Ignatius Kardinal Suharyo Pr

Laporan reporter Gridhot.ID, Nicolaus Ade

Gridhot.ID - Gereja Katolik Indonesia pada Minggu (1/9/2019) telah merayakan sebuah momen bersejarah.

Momen tersebut yaitu diangkatnya Uskup Agung Jakarta, Indonesia Mgr.Idnatius Suharyo Hardjoatmojo menjadi Kardinal oleh Paus Fransiskus.

Monsignor (Mgr) Suharyo ditetapkan bersama 12 calon lainnya, dan diumumkan ketika Doa Malaikat Tuhan (Angelus) yang digelar pukul 12.00 siang waktu setempat.

Baca Juga: Dianggap Berisi Pesan Kontroversial, Pemutaran Film Joker di Bioskop-bioskop Amerika Dijaga Ketat Polisi Bak Siap Amankan Kerusuhan, Ini Tanggapan Sang Sutradara

Melansir dari Kompas.com, Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Romo Adi Prasojo Pr menjelaskan bahwa Uskup Ignatius Suharyo menjadi kardinal ketiga yang pernah dimiliki Indonesia.

Kardinal pertama adalah Justinus Darmojuwono yang dilantik pada 1967 di sela pengabdiannya sebagai Uskup Agung Semarang periode 1963 sampai 1981.

Kardinal kedua adalah Julius Darmaatmadja yang ditunjuk sebagai kardinal pada 1994 sebelumnya merupakan pendahulu Mgr Ignatius Suharyo pada periode 1996 sampai 2010.

Baca Juga: Kampugnya Kerap Kehilangan Uang Secara Misterius, Warga Dayeuhkolot Heboh Ada yang Pelihara Tuyul, Ketua RW Sampai Pasang Poster: Waspada Tuyul Berkeliaran!

Romo Adi juga menuturkan "Sebab, Kardinal dipilih untuk melayani umat negara itu," terangnya.