Find Us On Social Media :

Jakarta Diprediksi Bakal Tenggelam Tahun 2050, Dua Pulau di Indonesia Ini Justru Sudah Karam Duluan, Ancaman Perubahan Iklim Global Sungguh Tak Main-main

Ilustrasi pulau

GridHot.ID - Perubahan iklim global semakin menunjukkan pengaruhnya di berbagai penjuru dunia.

Bahkan di Indonesia, dampak perubahan iklim global sudah mulai terlihat.

Melansir dari The Star, dua pulau di Sumatra dilaporkan telah tenggelam akibat naiknya permukaan air laut sebagai dampak dari perubahan iklim global.

Baca Juga: Ngaku Tiba-tiba Didatangi Utusan Tuhan, Nigsih Tinampi Diberi Peringatan Soal Datangnya Kiamat Sugra: Ini Saya Tidak Menggede-nggedekan Loh Ya

Menurut data dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), dua pulau yang dimaksud, Betet dan Gundul, telah terendam pada kedalaman 1 meter dan 3 meter di bawah permukaan laut.

"Pulau-pulau ini tidak berpenghuni. Salah satu pulau, Betet, adalah bagian dari Taman Nasional Berbak-Sembilang," ujar direktur eksekutif Walhi Sumatra Selatan, Hairul Sobri.

Jika kenaikan permukaan laut terus berlanjut, kata Hairul, empat pulau lainnya, yakni Pulau Burung, Pulau Kalong, Pulau Salah Namo,dan Pulau Kramat, akan terkena dampak selanjutnya karena berada di kisaran 0 meter sampai 3 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga: Patok Harga Air Kobokan Rp 50 Ribu, Warung Makan Ini Bikin Netizen Kebingunganr: Air Kobokan Sultan Gaes!

Kepala unit lingkungan di Pulau Salah Namo, Syahrul, mengatakan, mereka sudah menyadari naiknya permukaan laut serta resiko tenggelamnya pulau-pulau tersebut.