Find Us On Social Media :

Di Tengah Ketegangan Virus Corona Menyerang Dunia, China Justru Diam-diam Perkuat Cengkeramannya di Laut China Selatan, Dirikan 2 Distrik Baru di Perairan Bersengketa

Kapal penjaga pantai (coast guard) China

Gridhot.IDChina memperketat cengkeramannya di Laut China Selatan dengan mendirikan wilayah baru di perairan bersengketa itu.

Dua distrik baru akan berada di bawah wewenang pemerintah lokal di Sansha, sebuah kota di pulau selatan Hainan.

Distrik baru akan memerintah Pulau Paracels dan Macclesfield Bank, daerah yang juga diklaim oleh Vietnam dan Taiwan, serta Kepulauan Spratly.

Baca Juga: Kenakan APD Lengkap dan Antri di Bandara Soekarno Hatta, Video Tenaga Medis China Tiba di Indonesia Mendadak Viral, Pihak Imigrasi Langsung Ungkap Fakta Sebenarnya

Selama 6 tahun terakhir, China telah berupaya memperluas kontrolnya atas Laut China Selatan dengan membangun pulau-pulau buatan dan fasilitas yang dapat digunakan untuk keperluan militer.

"Dewan Negara baru-baru ini menyetujui pembentukan distrik Xisha dan Nansha di bawah kota Sansha," tulis pengumuman Departemen Urusan Sipil China seperti dikutip South China Morning Post.

Menurut pemberitahuan itu, pemerintahan Xisha akan berbasis di Pulau Woody yang juga dikenal sebagai Pulau Yongxing.

Baca Juga: Nyawa Sendiri Tak Diperhitungkan, Anggota TNI AU Ini Diam-diam Bohongi Keluarga Demi Selamatkan 238 Nyawa WNI di China: Saya Tidak Pernah Bilang Kalau Mau ke Wuhan

Sementara itu, pemerintahan Nansha akan ditempatkan di Fiery Cross Reef, yang disebut sebagai Yongshu Reef dalam bahasa Cina.