Find Us On Social Media :

Jiper Disamperin Amerika Serikat Pakai Destroyer, China Minta Tambahan Anggaran Biar Militernya Terlihat Lebih Sangar Lagi, Tak Sadar Ekonominya Habis Hancur Gara-gara Corona

Lioaning, kapal induk pertama China

Gridhot.ID - China memang sedang dipojokkan oleh Amerika Serikat setelah manuver militernya digagalkan kapal Destroyer negari paman Sam.

Para pemimpin militer China dikabarkan tengah berupaya keras agar anggaran militer mereka ditingkatkan saat diumumkan di Kongres Rakyat Nasional yang dimulai pada hari Jumat mendatang.

Seorang sumber South China Morning Post menyebut, alasan kenaikan anggaran adalah China membutuhkan lebih banyak sumber daya untuk mengatasi tantangan yang tidak stabil di dalam dan luar negeri.

Baca Juga: Lagi Santai Liburan, Para Tentara Cantik Ini Tetap Tenteng Senjata Kesayangannya Jalan-jalan ke Mal, Siapa Sangka, 5 Keunikan Ini Jadi Hal Normal di Israel

Akan tetapi, daftar alasan teratas adalah konfrontasi yang berkembang dengan AS.

Mengutip South China Morning Post, hubungan China-AS telah mencapai titik terendah di tengah perang dagang, pertengkaran atas kebebasan sipil dan Taiwan, serta konflik atas klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan. Ada pula perselisihan soal asal-usul pandemi Covid-19 antara Beijing dan Washington.

Dari sudut pandang Beijing, ancaman militer muncul di ambang pintu di mana pesawat pembom AS melakukan sekitar 40 penerbangan di atas wilayah yang diperebutkan di Laut China Selatan dan China Timur sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Jago Kandang Intimidasi Negara-negara Asean, China Langsung Ciut Disamperin Kapal Destroyer Amerika Serikat, Australia Sampai Ikut-ikutan

Jumlah tersebut naik tiga kali lipat lebih dari jumlah penerbangan pada periode yang sama tahun 2019.