Find Us On Social Media :

Foto Ini Jadi Awal Mula Rasa Sakit Hati Rakyat Indonesia yang Paling Mendalam, Sang Lintah Darat Dunia dengan Angkuhnya Obrak-abrik Ekonomi Tanah Air, Siapa Sangka, Karma Buruk Sudah Mengintai Sekian Lama

Angkuhnya Gaya Sedekap Bos IMF Kepada Soeharto Kala Memberi Dana Bantuan Ke Indonesia Tahun 1998

Gridhot.ID - Indonesia memang sudah mengalami asam garam selama merdeka.

Banyak rintangan hebat harus dilalui Indonesia untuk menjadi negara yang luar biasa.

Bulan Mei akan selalu dikenang oleh bangsa Indonesia sebagai perjalanan menuju kemandirian bangsa ini.

Baca Juga: Detik-detik Soeharto Dijatuhkan, Politisi Senior Ini Ngaku Sempat Sempat Dapat Ancaman Disiram Air Keras Penelpon Misterius: Apa Anda Sudah Bosan Hidup?

Pada bulan Mei 1998 tepatnya tanggal 21, Orde Baru lengser dan Soeharto mundur dari kursi kepresidenan.

Carut marut ekonomi menandai angslepnya sinar Orde Baru disertai utang menggunung Indonesia.

Utang tahun 1998 pun tak bisa dianggap enteng, yakni mencapai Rp 551,4 triliun atau ekuivalen 68,7 miliar dolar AS. Pemerintah Indonesia pimpinan presiden Soeharto pun harus berhutang dana bantuan kepada International Monetary Fund (IMF) untuk meminjam dana bantuan.

Baca Juga: Jangan Senang Dulu Jika Berhasil Mudik, Siap-siap Kehilangan Pekerjaan atau Tak Bisa Buka Usaha, Pemerintah DKI Tutup Akses Balik Jakarta Meski Pemudik ber KTP Jakarta

Dikutip dari imf.org, Kamis (11/10) parahnya rasio utang tahun 1998 mencapai 57,7 persen terhadap PDB yang artinya jumlah uang Indonesia tak cukup buat melunasinya.

Tahu akan keadaan ekonomi Indonesia yang sedang morat-marit, bos International Monetary Fund (IMF) kala itu, Michael Camdessus datang membawa uang bergepok-gepok.

Uang senilai 23,53 miliar dolar AS (Rp 130 triliun) itu sedianya akan dipinjamkan kepada Indonesia demi memperbaiki keadaan ekonomi dalam negeri yang suram.

Baca Juga: Sadis! Kencan Sesama Jenis Berujung Maut, 2 Pria Ini Bunuh Mahasiswa yang Menyewanya karena Tak Mau Bayar, Dipukuli Pakai Shock Beker dan Mayatnya dibuang ke Sungai