Find Us On Social Media :

Amerika Patut Cemas, China Siap Menggertak Lawan dengan Kapal Induk Buatan Lokal, Disebut Sanggup Gendong 44 Pesawat dan 32 Jet Tempur

Kapal Induk Shandong

GridHot.ID - Shandong, kapal induk pertama yang China buat di dalam negeri mulai menunjukkan taringnya.

Menurut laporan CCTV, Shandong melakukan uji coba laut pada 22 Mei lalu. Pandemi virus corona menghambatnya untuk turun ke laut.

Ini pertama kali kapal induk Shandong turun ke laut untuk latihan sejak penugasan secara resmi ke Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) akhir tahun lalu.

Hanya, melansir South China Morning Post, CCTV, lembaga penyiaran negara China, tidak mengungkapkan lokasi pasti dari uji coba laut kapal induk Shandong.

Baca Juga: Dapat Siksaan Tak Berkesudahan, 2 ABK Indonesia di Kapal China Ini Putuskan Lompat di Perairan Karimun, Begini Tanggapan Kemenlu

Tetapi, sebuah pemberitahuan dari Administrasi Keselamatan Maritim Dalian menyebutkan, kapal induk Shandong berada di bagian Utara Laut Kuning.

Menurut pemberitahuan yang rilis pada 22 Mei itu, daerah di Timur Dalian, pelabuhan asal kapal induk Shandong, ditutup antara Senin dan Selasa pekan lalu untuk kegiatan militer.

Li Yongxuan, Wakil Kapten Shandong, mengatakan kepada CCTV, Shandong sangat membutuhkan latihan untuk mengembangkan kemampuannya.

"Kami perlu mengintegrasikan kelompok tempur kapal induk Shandong ke dalam sistem tempur keseluruhan sedini mungkin. Dan kami akan berusaha membuat kapal induk kami menjadi kapal yang siap tempur dan menang," kata Li seperti dikutip South China Morning Post.

Baca Juga: Makin Getol Kuasai Laut China Selatan, Tiongkok Sampai Ciptakan Alat Canggih yang Lampaui Kemampua Mata-mata, Bisa Tahu Semua Aktivitas Tetangga