Find Us On Social Media :

Jadi Salah Satu Wilayah dengan Infeksi Corona Paling Berbahaya di Indonesia, Jawa Timur Nyatanya Mampu Ubah Zona Merah Jadi Kuning Dalam Sekejap, Sampai Beri Kado Ratusan Motor Trail, Begini Rahasia Khofifah

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa

Gridhot.ID - Wabah virus corona memang masih menjadi momok menakutkan di Indonesia.

Padahal Indonesia sendiri sedang mempersiapkan diri untuk memasuki masa new normal.

Salah satu wilayah yang sedang berjuang keras adalah Jawa Timur.

Baca Juga: 2 Bulan Maskapainya Ngandang Tanpa Pemasukan, Susi Minta Pemerintah Tunda Pembayaran Urus Surat Penerbangan: Ini Kondisi Tersulit dalam Hidup Saya

Dari 38 daerah kabupaten dan kotamadya yang ada di Jawa Timur, sudah ada lima daerah yang berubah dari zona merah corona (risiko tinggi) menjadi zona kuning atau risiko rendah.

Kelima daerah tersebut adalah Kabupaten Trenggalek, Kota Pasuruan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Lumajang, dan Kota Blitar.

Seperti diketahui, pemerintah pusat membagi risiko kenaikan kasus Covid-19 menjadi empat, yaitu zona merah (risiko tinggi), zona oranye (risiko sedang), zona kuning (risiko rendah) dan zona hijau (tidak terdampak).

Baca Juga: Pilih Akhiri Hidup dengan Gantung Diri, Pria Ini Ditemukan Membusuk Sambil Bawa Surat Wasiat: Kalau Mati, Utangku Lunas, Aku Sayang Anak Istri

Menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, bukan perkara mudah mengedukasi sekaligus menggugah kesadaran masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19.

Mengingat tidak sedikit masyarakat yang belum paham apa itu Covid-19 dan akibat serta bahaya yang ditimbulkan. Termasuk diantaranya, bagaimana cara pencegahannya. Tidak heran, kata dia, jika masyarakat banyak yang menyepelekan pandemi ini.

"Covid-19 ini kan virus baru, sementara kita berburu dengan waktu agar mata rantai penularannya bisa putus. Nah, peran mengedukasi masyarakat inilah yang banyak diperankan oleh para anggota TNI/Polri. Khususnya, melalui program Kampung Tangguh," imbuhnya.

Baca Juga: Jadi Syarat Dukun Gaib Hingga Punya Tanda yang Sangat Aneh, Uang Rp 100 Kapal Layar Tahun 1992 Ternyata Simpan Berbagai Macam Mitos Tak Terduga, Laku Hingga Setengah Juta Lebih, Ini Keunikannya