Find Us On Social Media :

Lebih Mematikan dari Kopassus, Pasukan Harimau Jadi Tim yang Paling Ditakuti Bangsa Asing Sampai Mampu Lindungi Soekarno, Prajurit Super yang Diduga Jadi Pengawal Senyap Soeharto Hingga Identitasnya Tak Tercatat di Negara

Ilustrasi

Gridhot.ID - Indonesia memang sudah terkenal atas kegarangan prajuritnya.

Bahkan beberapa pasukan khusus TNI seringkali masuk dalam daftar pasukan paling mematikan di dunia.

Tentu saja pasukan tersebut tersebut terlahir dari sejarah yang menyakitkan di masa penjajahan.

Dulu, Belanda ingin menguasai Indonesia dan menjadikan Makassar sebagai ibukota Negara Indonesia Timur.

Baca Juga: Kurang Ajar Kepergok Ngamar Bareng Suami Orang, Pelakor Ini Justru Nasihati Istri Sah yang Hamil Besar: Dia Cinta Sama Aku, Terserah Dia Mau Sama Siapa

Melihat hal ini, para pejuang kemerdekaan di Makassar pun kemudian membentuk pasukan perlawanan demi melawan pasukan Belanda.

Pasukan perlawanan yang saat itu berhasil dibentuk untuk mempertahankan kemerdekaan RI adalah Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia Sulawesi (Lapris).

Salah satu pejuang Lapris yang kemudian gugur dan menjadi pahlawan nasional adalah Robert Wolter Mongisidi.

Karena perlawanan pasukan Lapris selalu berhasil dipukul mundur oleh pasukan Belanda, kekuatannya menjadi terpecah-pecah.

Baca Juga: Buron Kasus Bank Bali Jadi Salah Satu Alasan, Menkopolhukam Akan Aktifkan Kembali Tim Pemburu Koruptor, Mahfud MD: Malu Negara Ini Kalau Dipermainkan oleh Djoko Tjandra!

Pada serangan militer Belanda yang dilancarkan pada 8 Agustus 1946, kubu pasukan Lapris yang berada di Gunung Ranaya berhasil dihancurkan dan para pejuang Lapris pun memilih turun gunung .

Mereka kemudian melanjutkan perlawanan melalui taktik peperangan secara gerilya.