Find Us On Social Media :

Lantunkan Ayat Suci Al Quran di Hagia Sophia, Ini Sosok Pria Aceh yang Jauh-jauh Didatangkan oleh Presiden Turki, Indonesia Patut Bangga!

Kolase foto Hagia Sophia dan Ustaz Takdir Feriza Hasan

 

Laporan Wartawan Gridhot, Desy Kurniasari

Gridhot.ID - Jumat (10/7/2020) lalu, Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, telah resmi mengalihfungsikan museum Hagia Sophia menjadi masjid.

Bahkan mulai hari itu juga, Erdogan menyatakan bahwa Hagia Sophia terbuka untuk ibadah umat Islam.

Melansir Kompas.com, Hagia Sophia telah resmi kembali difungsikan menjadi masjid oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, Jumat (10/7/2020).

Baca Juga: Ditemui Khusus oleh Barack Obama, Ini Sosok Kucing Viral yang Sudah 14 Tahun Menghuni Hagia Sophia, Satu-satunya Makhluk yang Boleh Keluar Masuk Mimbar Masjidnya

Sebelumnya, bangunan besar yang menjadi daya tarik wisata Turki ini difungsikan sebagai sebuah museum.

Pada 1934, Hagia Sophia menjadi museum lantaran keputusan dari Badan PBB UNESCO di bawah pendiri Republik Turki, Ataturk.

Ditarik mundur jauh ke belakang, di awal pendiriannya pada tahun 537 masehi Hagia Sophia dibangun untuk menjadi gereja besar yang menghadap ke pelabuhan Golden Horn.

Baca Juga: Jadi Tempat Suci di Mana Kaisar Romawi Timur Dinobatkan, Hagia Sophia Hanya Boleh Dinjak Oleh Satu Mahluk Ini, Hobi Nongkrong di Mimbar Sampai Jadi Sosok Istimewa yang Ditemui Barack Obama

Berjalannya waktu, terjadilah penaklukkan Ottoman pada 1453 yang membuat fungsinya berubah menjadi masjid.

Sejarah panjang bangunan megah ini menjadikan kembalinya fungsi Hagia Sophia menjadi masjid menuai polemik.