Find Us On Social Media :

Rakyatnya Demo Besar-besaran Ngaku Pemilunya Dicurangi, Negara Belarusia Dalam Kondisi Memanas Layaknya Medan Perang, Rusia Tawarkan Bantuan Militer untuk 'Mendamaikan' Suasana

Pipres Belarusia yang berakhir ricuh

Gridhot.ID - Musim pemilu memang sedang dirasakan banyak negara di dunia.

Selain Amerika Serikat yang sudah mempersiapkan segala kampanye kandidatnya, negara yang sedang dihebohkan dengan pemilu adalah Belarusia.

Negara tetangga Rusia tersebut kini sedang memanas akibat hasil dari pemilu yang kurang memuaskan salah satu pihak.

Baca Juga: Bocoran dari Menteri Ketenagakerjaan, Bantuan Rp 600 Ribu Bagi Pegawai Swasta Bakal Cair Akhir Agustus, Catat Tanggalnya!

Rusia mengatakan pihaknya telah berbicara dengan pemimpin Belarusia Alexander Lukashenko bahwa mereka siap untuk menawarkan bantuan militer jika diperlukan sejalan dengan meningkatnya demonstrasi yang memprotes pemilihan ulang yang diperebutkan oleh Lukashenko.

Sedikitnya dua pengunjuk rasa telah tewas dan ribuan lainnya telah ditahan sejak pemungutan suara Minggu lalu, yang menurut penentang Lukashenko, telah dicurangi untuk menyamarkan fakta bahwa ia telah kehilangan dukungan publik.

Lukashenko sendiri menyangkal kalah dengan mengutip hasil resmi yang memberinya lebih dari 80% suara.

Baca Juga: Ditabok Mayor Hingga Ditendang Gara-gara Klepon, Panglima Kodam Jaya yang Baru Dilantik KSAD Andika Perkasa Ternyata Mantan Loper Koran Bersaudara 8, Begini Kisah Hidupnya

Kremlin mengatakan Presiden Rusia Vladimir Putin telah memberi tahu Lukashenko bahwa Rusia siap membantu Belarus sesuai dengan pakta militer kolektif jika diperlukan dan bahwa tekanan eksternal sedang diterapkan ke negara itu.

Pengamanan ketat dilakukan saat para pendukung Lukashenko berkumpul di Minsk untuk pertama kalinya sejak pemilu untuk menyuarakan dukungan mereka dan menyaksikannya memberikan pidato yang berapi-api.

Lukashenko, di bawah tekanan dari Uni Eropa karena menindak lawan-lawannya, mengatakan tank dan pesawat NATO telah dikerahkan 15 menit dari perbatasan Belarusia.

Baca Juga: 5 Tahun Jadi Bos Muncikari, BS Blak-blakan Sebut Artis VS Miliki Tarif Paling Mahal, Terkuak Modus yang Digunakan untuk Gaet Pelanggan