Find Us On Social Media :

Rilis di Tahun-tahun Istimewa dan Langka, Inilah Beberapa Uang Rupiah Khusus Peringatan HUT Kemerdekaan RI, Salah Satunya Bernominal Rp 850.000

Uang Rupiah Khusus Edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Gridhot.ID - 17 Agustus 2020, Indonesia menginjak usia 75 tahun setelah kemerdekaan.

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI tahun ini, Bank Indonesia kembali merilis uang edisi khusus peringatan kemerdekaan.

Sebelumnya, Bank Indonesia dan pemerintah juga mengeluarkan uang edisi khusus serupa pada peringatan kemerdekaan RI ke-25 dan ke-50.

Baca Juga: Ogah Kedekatan Lesti Kejora dengan Rizky Billar Disebut Settingan, Kakak Sang Biduan Bongkar Fakta Tak Terduga, Beni Mulyana: Mama Nitipin Dedek ke Billar

Sesuai namanya, uang peringatan kemerdekaan (Uang Baru HUT 75 RI) dicetak khusus oleh BI untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus.

Kendati demikian, uang edisi khusus ini tak dicetak setiap tahun, dan hanya dirilis di tahun-tahun tertentu yang dianggap istimewa.

Dikutip dari keterangan resmi BI, Minggu (16/8/2020), uang rupiah khusus adalah uang yang dikeluarkan secara khusus oleh BI dalam rangka peringatan tertentu.

Baca Juga: Bocoran dari Menteri Ketenagakerjaan, Bantuan Rp 600 Ribu Bagi Pegawai Swasta Bakal Cair Akhir Agustus, Catat Tanggalnya!

Uang rupiah khusus ini memiliki nominal yang berbeda dari nilai jualnya.

Karena dicetak dalam edisi terbatas meski tetap bisa digunakan sebagai alat transaksi resmi.