Find Us On Social Media :

Belakangan Gembar-gembor Soal Vaksin Covid-19, Kini WHO Nampak Tak Lagi Miliki Ambisi Ciptakan Obat Massal Corona, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi pemberian vaksin

Gridhot.ID - Hingga saat ini, vaksin virus corona masih terus dikembangkan dan beberapa telah mulai diuji coba pada manusia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada minggu depan dijadwalkan akan menerima dukungan untuk program 'vaksin Covid-19 untuk semua' dari sejumlah negara.

Akan tetapi, agensi tersebut telah mengurangi ambisinya.

Baca Juga: Penampilannya Berubah Drastis Usai Jadi Youtuber, Orang Tua Atta Halilintar Dituding Telah Gelapkan Uang wanita Ini: Gimana Harus Diam, Uangku Lenyap Rp 700 Juta!

Melansir Reuters, Amerika Serikat, Jepang, Inggris, dan Uni Eropa telah mencapai kesepakatan mereka sendiri untuk mengamankan jutaan dosis vaksin Covid-19 bagi warganya, mengabaikan peringatan badan PBB bahwa "nasionalisme vaksin" akan menekan pasokan vaksin.

Para ahli mengatakan, jika negara lain yang mampu mendapatkan vaksin melakukan pendekatan serupa, strategi WHO untuk memerangi pandemi virus corona secara global dan secara adil berisiko dibatalkan.

“Jika itu terjadi, cukup jelas bahwa volume vaksin yang tersedia tidak mencukupi untuk negara lain, terutama dalam enam hingga sembilan bulan pertama,” kata Alex Harris, kepala kebijakan global di badan amal kesehatan Wellcome Trust seperti yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Kembali Diprovokasi, Petinggi Militer Tiongkok Seenak Jidat Gerakkan Angkatan Laut dan Udara Usir Kapal Perang Amerika: Ini Telah Merusak Kedaulatan Kami di Laut China Selatan!

Negara-negara yang ingin menjadi bagian dari inisiatif WHO, yang dijuluki COVAX, harus mengirimkan pernyataan dukungnnya paling lambat hari Senin mendatang.

Lebih dari 170 negara, termasuk Kanada, Norwegia, Korea Selatan dan Inggris, telah mengajukan pernyataan dukungan yang tidak mengikat untuk berpartisipasi dalam skema tersebut, yang oleh WHO disebut-sebut sebagai satu-satunya inisiatif global untuk memastikan vaksin Covid-19 tersedia di seluruh dunia, baik bagi negara kaya maupun negara miskin.