Find Us On Social Media :

Sebelum Coast Guard China Jelajahi Laut Natuna, Menhan Negeri Tirai Bambu Ternyata Temui Prabowo Subianto, Begini Isi Obrolannya

Menhan China Wei Fenghe dan Menhan Indonesia Prabowo Subianto

GridHot.ID - Kapal coast guard China (CCG) dengan nomor lambung 5204 terdeteksi di ZEE Laut Natuna Utara pada Sabtu (12/09/2020) pukul 10.00 WIB.

Namun, kapal coast guard China bersikeras bahwa mereka sedang berada di area nine dash line yang merupakan wilayah teritorial China.

Dikutip dari Kompas.com via Tribun Medan, berdasarkan UNCLOS 1982 tidak diakui keberadaan nine dash line, dan kapal coast guard China 5204 sedang berada di area ZEEI.

Oleh sebab itu, KN Nipah 321 milik Badan Keamanan Laut RI (Bakamla) mencoba mengusir mengusir kapal penjaga China tersebut.

Baca Juga: Kualahan Hadapi 'Bandelnya' Kapal China yang Kembali Langgar ZEE Natuna, Bakamla Ngadu ke Kemenlu dan Kemenkopolhukam: Sudah Diusir Tapi Mereka Menolak Pergi

Hingga berita ini diturunkan, KN Nipah 321 masih berupaya menghalau CCG 5204 keluar dari ZEEI.

Berdasarkan rilis Bakamla RI, mereka sedang berkoordinasi dengan Kemenkopolhukam dan Kemenlu terkait hal ini.

Sebagai informasi, KN Nipah 321 adalah salah satu unsur Bakamla RI yang sedang melaksanakan operasi cegah tangkal 2020 di wilayah zona maritim barat Bakamla.

Operasi yang dilepas pada 4 September lalu di dermaga JICT Tanjung Priok oleh Kepala Bakamla RI, Laksdya TNI Aan Kurnia, ini rencana akan digelar hingga akhir November 2020.

Baca Juga: Diam-diam Kalahkan Geser Kekuatan Angkatan Laut China dan AS, Rusia Pamerkan Kapal Selam Militer Terbesar di Dunia, Punya Banyak dan Semuanya Bertenaga Nuklir