Find Us On Social Media :

Banyak Tenaga Medis Tumbang Jadi Sorotan, Kemenkes Sangkal Jadi Klaster Kementerian dengan Kasus Covid-19 Tertinggi, Achmad Yurianto: Datanya Siapa?

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto

Gridhot.ID - Wabah corona menjelang akhir tahun ini sudah mulai menyerang berbagai macam lingkungan.

Tenaga Medis bahkan banyak yang gugur selama menangani wabah mengerikan ini.

Kantor-kantor kementerian juga tak luput menjadi sasaran penularan virus.

Melalui situs https://corona.jakarta.go.id/id/data-visualisasi yang dirilis Pemprov DKI Jakarta mengungkap adanya klaster penularan Covid-19 di kementerian, lembaga dan instansi pemerintah.

Data berdasarkan pencatatan hingga 7 September 2020 itu dilengkapi visualisasi yang bersifat sebagai pelengkap (komplemen) dari data Covid-19 Dinas Kesehatan.

Baca Juga: Diharapkan Banyak Negara Jadi 'Superhero' untuk Selesaikan Pandemi, WHO Justru Balak-blakan Ungkapkan Keraguannya Tangani Corona: Kami Benar-benar Belum Memahami Dampaknya

Dalam dasbor/visualisasi ini sumber-sumber data eksternal atau publik juga digunakan untuk memperkaya hasil visualisasi.

Dikutip dari data yang ditampilkan pada Kamis (17/9/2020), diketahui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menjadi klaster dengan jumlah kasus penularan terbanyak. Tercatat ada 139 kasus penularan Covid-19 di Kemenkes.

Selain itu, data ini juga ditambah dengan jumlah kasus Covid-19 yang ditemukan di Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kemenkes dengan 49 kasus positif.

Berdasarkan data yang sama, kementerian lain dengan kasus penularan tertinggi adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan 90 kasus penularan. Selanjutnya, ada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebanyak 42 kasus penularan.

Tanggapan Kemenkes

Baca Juga: Viral Poster Anak Malaysia, Netizen Negeri Jiran Ngamuk Nggak Karuan, Perusahaan Asal China Ini Jadi yang Bertanggung Jawab