Find Us On Social Media :

Pertumbuhan Ekonominya Rendah Hingga Tergolong Negara Miskin, Timor Leste dengan Ajaib Terlindung dari Jurang Pandemi Covid-19, Disebut Hanya Akan Alami Kerusakan Paling Ringan, Kok Bisa?

Bendera Timor Leste.

GridHot.ID - Lepas dari Indonesia, Timor Leste juga menghadapi situasi pandemi covid-19.

Namun, tak seperti negara tetangganya yang terus mencatat angka kasus covid-19, Timor Leste hanya mencatat sedikit kasus.

Negara berpenduduk 1.3.22.667 itu diketahui hanya mencatatkan 27 kasus hingga Kamis (3/9/2020) lalu.

Baca Juga: Ekonomi Timor Leste Makin Terseok-seok, Bumi Lorosae Terkurung Dalam Kemiskinan, Organisasi Ini Harus Pecahkan Rekor Sumbangan

Dikenal sebagai salah satu negara termiskin di dunia, Timor Leste justru diperkirakan bakal lebih dulu keluar dari jurang ekonomi akibat pandemi.

Bahkan Timor Leste dipastikan tidak akan mengalami banyak kerusakan, jika dibandingkan dengan negara-negara tetangganya termasuk Indonesia.

Fredrik Sjöholm, Profesor di Departemen Ekonomi, Universitas Lund, Swedia, dalam tulisannya berjudul 'Rute Pembangunan yang Berbahaya Bagi Timor-Leste' berbicara soal Timor Leste.

Baca Juga: Sesumbar Jadi Pahlawan di Balik Kemerdekaan Timor Leste, Kedok Australia Dibalik Pembebasan Timor Leste Terbongkar, Sosok Ini Blak-blakan Bocorkan Kelicikan Negaranya Incar 'Celah Timor'

Melansir East Asia Forum (19/9/2020), Di bidang politik, konflik lama antara mantan perdana menteri Mari Alkatiri dan Xanana Gusmao terus menimbulkan perombakan parlemen, kebuntuan politik, dan ketidakpastian.

Bahkan, semua anggaran publik sejak 2018 telah ditunda sehingga menyebabkan penurunan belanja publik.