Find Us On Social Media :

Terang-terangan, Xi Jinping Nyatakan Tak Ada Niatan Berperang dengan Negara Manapun: Kami Akan Menyelesaikan Perselisihan dengan Dialog dan Negosiasi

Presiden Xi Jinping

GridHot.ID - Dalam sebuah pidato di PBB, China menyatakan tak ingin melakukan perang dengan negara manapun.

Hal tersebut ditegaskan langsung oleh Presiden Xi Jinping di hadapan Majelis Umum PBB.

Ia menyatakan China "tidak berniat untuk berperang, baik dalam Perang Dingin ataupun perang panas dengan negara mana pun".

Baca Juga: Dihajar Corona Sampai Diajak Berantem Amerika Serikat dan India, China Ogah Akui Negaranya Sedang Dilanda Krisis, Xi Jinping Ngotot Perekonomian Tiongkok Tetap Tangguh

"Kami akan terus mempersempit perbedaan dan menyelesaikan perselisihan dengan orang lain melalui dialog dan negosiasi," katanya dalam pernyataan video yang direkam sebelumnya, Selasa (22/9/2020).

"Kami tidak akan berusaha untuk hanya mengembangkan diri kami sendiri atau terlibat dalam permainan zero-sum," ujar Xi pada pertemuan tahunan para pemimpin dunia itu seperti dikutip Reuters.

Ketegangan yang telah lama membara antara Amerika Serikat (AS) dan China mencapai titik didih terkait pandemi virus corona, menyoroti upaya Beijing untuk mendapatkan pengaruh multilateral yang lebih besar sebagai tantangan bagi kepemimpinan tradisional Washington.

Baca Juga: Pantas Berani Tantang Tiongkok, Taiwan Ternyata Punya Pertahanan Luar Biasa yang Tak Akan Bisa Dihancurkan China, Pidato Xi Jinping Omong Kosong Belaka?

Virus corona muncul di China akhir tahun lalu dan Washington menuduh Beijing kurang transparansi yang AS katakan memperburuk wabah. China membantah pernyataan AS tersebut.