Find Us On Social Media :

Bangga Beli Beras Rusak dari Vietnam, Pejabat Timor Leste Jemput Bola di Pelabuhan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Beri Sambutan

Ilustrasi Pelabuhan - Suasana di Pelabuhan Pangkalbalam, beberapa waktu lalu.

Laporan Wartawan GridHot, Desy Kurniasari

GridHot.ID - 21 tahun sudah Timor Leste memisahkan diri dari Indonesia.

Provinsi ke-27 ini diketahui resmi memisahkan diri dari Indonesia pada 20 Mei 2002 atau pasca-refrendum.

Namun, bagaimana kondisi negara yang bertetangga dengan Provinsi Nusa Tenggara Timur itu?

Baca Juga: Pertumbuhan Ekonominya Rendah Hingga Tergolong Negara Miskin, Timor Leste dengan Ajaib Terlindung dari Jurang Pandemi Covid-19, Disebut Hanya Akan Alami Kerusakan Paling Ringan, Kok Bisa?

Melansir Kompas.com, pada Minggu (5/7/2020) berdasarkan laporan resmi Bank Dunia, pertumbuhan ekonomi Timor Leste terbilang masih lambat dibandingkan negara-negara Asia Tenggara.

Negara dengan nama resmi Republica Democratica de Timor Leste ini masih jadi salah satu negara paling miskin di dunia.

Menurut Bank Dunia, pertumbuhan investasi swasta di Timor Leste itu masih saja melempem dari tahun ke tahun pasca-merdeka, ini terkait dengan stabilitas politik dan ekonomi di negara itu yang masih bergejolak.

Baca Juga: Ekonomi Timor Leste Makin Terseok-seok, Bumi Lorosae Terkurung Dalam Kemiskinan, Organisasi Ini Harus Pecahkan Rekor Sumbangan

Ekonomi Timor Leste sempat diprediksi bakal semakin terpuruk di 2020 karena pandemi virus corona (Covid-19) dan kondisi politik yang belum stabil.