Find Us On Social Media :

Sadar Diri Akui Kekalahannya, 11 Menteri Kesehatan Ini Pilih Mundur dari Jabatan Daripada Salah Ambil Keputusan untuk Rakyat, Menkes Swedia: Saya Mengganggu Pemerintah

(Ilustrasi) Seorang pasien didorong ke Rumah Sakit Methodist Houston ketika awan badai berkumpul di Texas Medical Center, di tengah wabah global penyakit coronavirus (COVID 19), di Houston, Texas.

Gridhot.ID - Menteri kesehatan memang jadi salah satu sosok yang paling disoroti semenjak adanya wabah ini.

Pasalnya menteri kesehatan menjadi yang bertanggung jawab dalam masalah pengaturan dan penyelesaian wabah atas dasar penjaminan kesehatan warga di tiap negara.

Di Indonesia sendiri kita punya menteri kesehatan Terawan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi sorotan publik sejak Senin (28/9/2020) malam. Bahkan, kata "Menteri Kesehatan" masuk dalam daftar trending di Google Trend.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menjadi perbincangan karena dinilai jarang sekali tampil ke publik, di saat pandemi Covid-19 di Indonesia angkanya terus bertambah. Najwa Shihab dalam acara "Mata Najwa" mewawancara kursi kosong, sebab Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto disebut-sebut beberapa kali diundang ternyata tidak bisa hadir.

Padahal penjelasan Terawan terkait kondisi pandemi di Indonesia diperlukan sebagai wujud pertanggungjawaban. Dalam salah satu pertanyaan yang dilontarkan Najwa adalah apakah Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto siap mundur seperti menteri-menteri kesehatan di negara lain. "Publik di antaranya lewat petisi meminta kebesaran hati anda untuk mundur saja, siap mundur pak?" tanya Najwa.

Sejak awal pandemi virus corona, sejumlah Menteri Kesehatan di beberapa negara ada yang mengundurkan diri. Ada yang merasa tidak mampu mengatasi lonjakan kasus corona, terjebak dugaan korupsi, sakit atau terinfeksi corona, dan sebagainya.

Berikut ini daftar menteri kesehatan yang mundur selama pandemi:

Baca Juga: 2 Mantan Anggota Tim Mawar Dipromosikan Jadi Pejabat Kemenhan, Orang Tua Korban Penculikan Angkat Bicara, Sebut Sudah Kenyang Mencari Keadilan

1. Menteri Kesehatan Ceko

Menteri kesehatan yang mengundurkan diri baru-baru ini berasal dari Ceko. Dilansir Politico, Senin (21/9/2020) Menteri Kesehatan Ceko Adam Vojtech mengundurkan diri dari jabatannya pada Senin. Vojtech mengundurkan diri karena jumlah kasus melonjak.

Seminggu terakhir ini, infeksi harian rata-rata sering melampaui 2.000, yang lebih dari enam kali lipat angka rata-rata yang dilaporkan pada bulan Maret. Dia digantikan oleh mantan asistennya, ahli epidemiologi Roman Prymula, yang merupakan arsitek upaya awal negara itu untuk mengatasi pandemi.