Find Us On Social Media :

Berani Tuduh Iran Ciptakan Teroris di Sidang PBB, Raja Salman Nyatanya Bukan Sosok Sembarangan, Sang Pemimpin Arab Saudi Pernah Jadi Menteri Pertahanan, Pantas Seolah Tak Takut Diajak Perang

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo menemui Raja Salman saat kunjungan ke Arab Saudi, Minggu (14/4). (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Gridhot.ID - Raja Salman memang menjadi salah satu pemimpin paling disoroti di dunia.

Ketegasannya yang luar biasa membuat Arab Saudi bisa berada pada titik sekarang.

Raja Salman kini kembali menjadi sorotan lantaran ungkapan amarahnya kepada Iran dalam Sidang Majelis Umum PBB beberapa hari lalu.

Raja Salman menuding Iran telah mengeksploitasi kesepakatan nuklir tahun 2015, menciptakan jaringan teroris, dan menggunakan terorisme untuk kepentingan negaranya. Iran pun membantah semua tuduhan tersebut.

Dirangkum dari BBC.com, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud adalah Raja Arab Saudi ketujuh. Raja Salman naik takhta pada usia 79 tahun pada 2015, setelah kematian saudaranya Raja Abdullah. Lantas, seperti apa sosok Raja Salman?

Baca Juga: Bak Petir di Siang Bolong, Jaksa Pinangki Tiba-tiba Tulis Surat Permohonan Maaf untuk ST Burhanuddin dan Hatta Ali yang Ikut Terseret dalam Kasus Djoko Tjandra: Saya Tegasakan, Saya Sangat Menyesal...

Profil Raja Salman

Raja Salman lahir pada tahun 1935, putra dari pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz (biasanya disebut Ibn Saud), dan istri kesayangannya, Putri Hassa al-Sudairi.

Salman adalah anak bungsu kedua dari tujuh bersaudara. Ketujuh putra Hassa yang dikenal sebagai "Sudairi Seven" kemudian menjadi faksi yang kuat di dalam keluarga kerajaan, mewariskan takhta satu sama lain.

Saudara laki-laki tertua Salman, Fahd, menjadi Raja Arab Saudi antara tahun 1982 dan 2005, sementara dua saudara laki-laki lainnya, Sultan dan Nayef, adalah putra mahkota.

Salman pun mulai masuk pemerintahan pada tahun 1954, ketika ia diangkat sebagai wakil gubernur Riyadh. Setahun kemudian, Salman dipromosikan menjadi gubernur provinsi Riyadh dan menjabat lima tahun di posisi itu, yang dipandang sebagai salah satu yang paling penting di negara itu.

Baca Juga: Ketahuan Menato Tubuh, Aurel dan Azriel Dimarahi Habis-habisan Hingga Nyaris Diusir dari Rumah oleh Ashanty, Begini Fakta Sebenarnya