Find Us On Social Media :

Niat Tabur Bunga Mengenang G30SPKI, Gatot Nurmantyo Dicegat Dandim Saat Akan Ziarah ke TMP Kalibata, Perdebatan Alot Terjadi: Kami Hanya Jalankan Tugas

Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo bersama sejumlah veteran melakukan tabur bunga di Taman Makam Nasional Umum Kalibata, Rabu (30/9/2020)

Gridhot.ID - Gatot Nurmantyo sempat mengalami insiden saat akan menghormati para pahlawan korban G30SPKI.

Bahkan sempat ada perdebatan sengit dan bentrok di tengah kegiatannya.

Ketua Presidium Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo sempat dicegah oleh Dandin Jakarta Selatan Kolonel inf Ucu Yustia saat hendak memasuki komplek Taman Makam Pahlawan Nasional Umum Kalibata, Rabu (30/9/2020) siang.

Kolonel mencegat sang jenderal dan sempat melarang jenderal beserta rombongan masuk.

Terjadi perdebatan sengit saat itu.

"Ini di makam pahlawan ya, anda punya Sapta Marga sumpah prajurit, anda bertanggungjawab kepada Tuhan YM. Bahwa kami purnawirawan akan menghormati para pahlawan yang jadi korban G30 S PKI," ujar Gatot kepada dandim.

Dandim menegaskan, dia hanya melaksanakan tugas dan tidak beemaksud melarang Gatot dan para purnawirawan untuk nyekar ke makam pahlawan.

Baca Juga: Putri Sulungnya Unggah Foto Cincin di Jari Tangan, Ibunda Ayu Ting Ting: InsyaAllah Bahagia Buat Kamu...

"Kami hanya menjalankan tugas agar sesuai dengan protokol kesehatan," jawab Kolonel Ucu.

Setelah terjadi perdebatan alot, akhirnya rombongan diperbolehkan masuk dengan syarat per kelompok maksimal 30 orang.

Sekitar 20 menit Gatot nyekar ke makam para pahlawan pada momentum yang mereka sebut sebagai aksi mengenang pemberontakan Gerakan 30 Sepember PKI.

Bentrok