Find Us On Social Media :

Kocar-kacir Gara-gara Corona, Belanda Makin Panik Kini Diserang Virus West Nile yang Sangat Mematikan, Ditularkan Lewat Gigitan Nyamuk, Sekali Infeksi Sistem Saraf Langsung Kritis

Nyamuk bisa membawa virus west nile

Gridhot.ID - Wabah corona memang membuat repot satu bumi.

Bahkan negara yang berhasil menanganinya dengan baik juga tetap harus menjaga stabilitasnya di tengah carut-marutnya dunia.

Belum selesai corona, kini ada satu virus mematikan yang sudah sampaike Belanda.

Otoritas kesehatan Belanda mengatakan pada Kamis (15/10), mereka telah menemukan infeksi pertama virus West Nile yang berasal dari negeri kincir angin pekan lalu.

Pasien yang terjangkit virus West Nile adalah pria yang baru-baru ini tidak ke luar negeri, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Belanda mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Baca Juga: Ayu Ting Ting Kepincut Pesona Duda, Mbak You Blak-blakan Ungkap Sisi Lain dari Adit Jayusman, Sang Paranormal: Dia Sangat Tertutup

Ditularkan terutama melalui gigitan nyamuk, virus West Nile dapat menyebabkan penyakit saraf yang fatal, meskipun sekitar 80% dari mereka yang terinfeksi tidak pernah menunjukkan gejala, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Institut Kesehatan Masyarakat Nasional memperkirakan, pasien tertular virus West Nile di wilayah Utrecht, Belanda tengah, tempat ditemukan burung dan nyamuk pembawa virus pada Agustus dan September lalu.

Tapi, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional menyatakan, risiko infeksi saat ini di Belanda minimal karena musim nyamuk akan segera berakhir.

Hanya, mereka akan mengusulkan langkah lebih lanjut sebelum musim nyamuk tahun depan.

Tidak ada vaksin untuk virus West Nile pada manusia, meskipun ada penangkalnya untuk kuda. Berasal dari Afrika, virus tersebut telah menyebar ke Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Baca Juga: Asyik Gowes Keliling Istana Bogor, Reaksi Syahrini Saat Reino Barack Jatuh Jadi Sorotan, Aisyahrani: Riweuhnya Melebihi Pak Jokowi