Find Us On Social Media :

Gelontorkan Uang 500 Juta Dolar untuk Beli Vaksin Covid-19, Australia Berniat Bantu Negara Kawasan Indo-Pasifik, Menteri Luar Negeri: Mereka Adalah Mesin Ekonomi Global Baru

Ilustrasi - vaksin virus corona

GridHot.ID - Australia disebut akan menghabiskan setengah miliar dolar untuk pembelian vaksin Covid-19.

Namun, bukan untuk negaranya sendiri, melainkan untuk membantu tetangga regionalnya bangkit kembali dari pandemi, termasuk Timor Leste.

Melansir Daily Mail pada Sabtu (31/10/2020), Perdana Menteri Morrison mengatakan, memberikan bantuan kepada negara-negara Pasifik dan Asia Tenggara akan membantu pemulihan ekonomi dan keamanan kesehatan Australia.

Sementara pemerintah sedang mempersiapkan untuk menghabiskan $ 500 juta untuk vaksin bagi tetangga regional, tapi belum mengeluarkan uang untuk vaksin Australia.

Baca Juga: Baru Merdeka Kemaren Sore, Timor Leste Nyatanya Berhasil Jadi Negara Sendiri Bukan Gara-gara Australia, Negeri Miskin Ini Justru Jadi Pahlawan Sebenarnya Bagi Rakyat Fretilin

PM Scott Morrison menandatangani kesepakatan dengan perusahaan obat Inggris AstraZeneca, yang mengembangkan vaksin mereka di Universitas Oxford, pada bulan Agustus, tetapi tidak ada uang yang ditukar.

Pemerintah federal malah menandatangani apa yang disebut 'Letter of Intent' dengan AstraZeneca di mana perusahaan setuju untuk menyerahkan vaksin itu ke Australia segera setelah disetujui.

"Kawasan Indo-Pasifik adalah mesin ekonomi global baru," kata Menteri Luar Negeri Marise Payne dalam sebuah pernyataan, Sabtu.

"Memastikan itu dapat pulih dengan cepat akan merangsang aktivitas ekonomi dan memulihkan pekerjaan di dalam dan luar negeri," katanya.

Baca Juga: Bak Tampar Australia, Timor Leste Perkuat Sistem Pertahanan dengan Beli Kapal Patroli Buatan China, Begini Kata Kemeterian Pertahanan