Find Us On Social Media :

Jadi Salah Satu Pasukan Paling Mematikan di Dunia, Kopaska TNI AL Pernah Punya Torpedo Manusia Sebagai Senjata Bunuh Diri Pamungkas di Medan Perang, Operasi Trikora Jadi Saksinya

Sentaja bunuh diri Torpedo Manusia yang digunakan beberapa negara semasa perang

Gridhot.ID - Tentara memang memiliki resiko tinggi di pekerjaannya.

Demi negara, apapun dilakukan meski harus rela menghilangkan nyawa diri sendiri.

Banyak cara bagi pasukan khusus dari berbagai negara agar dapat menenggelamkan kapal perang musuh secara rahasia dan efektif, salah satunya adalah dengan menggunakan ‘torpedo’ yang dikendalikan manusia (human torpedo).

Dengan bentuknya yang merupakan kapal selam mini senjata khusus bawah laut jenis ini sebenarnya sama sekali tidak nyaman.

Pasalnya susah dikendalikan, sehingga kerap dijuluki senjata bunuh diri (suicide weapon).

Baca Juga: Banyak Dibully Karena Terkesan Seram Tapi Tak Kunjung Miliki Pendamping Hidup, Chef Juna Bongkar Status yang Disandangnya: Lo Gak Tahu Hidup Gue!

Pasukan Jepang termasuk yang pernah menggunakan human torpedo dalam PD II dengan cara menabrakkan ke kapal perang Sekutu secara langsung.

Dalam sejarahnya, human torpedo pertama kali dioperasikan oleh AL Italia semasa Perang Dunia I yang terjadi pada 1914-1918.

Saat itu, sebuah torpedo yang dalam bahasa Italia yang disebut Malale ditumpangi dua personel AL, lalu dengan sistem kendali sederhana diarahkan ke kapal perang musuh.

Agar tak terlihat musuh, senjata ini hanya dioperasikan pada waktu malam dan tepat pada kemunculan bulan baru.

Ketika torpedo sudah meluncur ke kapal musuh, dua personel pengendalinya buru-buru melompat ke laut untuk menyelamatkan diri.

Baca Juga: Anggotanya Tetap Dilaporkan Meski Permintaan Maaf Telah Terucap, Mantan Pangkostrad Ketua Rombongan Moge Aniaya TNI di Bukit Tinggi: Persoalan Kecil Bisa Jadi Besar