Find Us On Social Media :

Mampu Tembakkan Roket Mematikan dengan Jarak 40 Kilometer, Howitzer K9 Milik Korea Selatan Bakal Dimodif Hingga Bisa Bertempur Tanpa Sopir, 2040 Siap Perang

Howitzer K9

Gridhot.ID - Korea Selatan memang aktif melakukan modernisasi militernya.

Kini negeri ginseng tersebut sedang berusaha membuat armada militer tercanggih miliknya.

Dilaporkan Korea Selatan akan segera mengerjakan proyek ambisius untuk menghadirkan tank howitzer K9 nirawak.

Proyek ini diharapkan bisa selesai pada tahun 2040 mendatang.

Baca Juga: Organisasinya Disebut Kemendagri Tidak Diakui Negara, FPI Ternyata Tak Boleh Adakan Kegiatan Apapun Termasuk Kerumunan Massa, Benny Irwan: Harusnya Kan Begitu

Defense News mengabarkan bahwa saat ini Hanwha Defense sedang mengerjakan varian tak berawak dari howitzer self-propelled K9 Thunder buatan Korea Selatan.

K9 155mm, kaliber 52 dikembangkan pada tahun 1998 oleh Badan Pengembangan Pertahanan dan Samsung Aerospace Industries yang dikelola negara.

Belakangan namanya diubah menjadi Samsung Techwin dan diakuisisi oleh Hanwha pada tahun 2017.

Sampai saat ini ada sekitar 1.100 unit K9 yang telah dikerahkan Tentara Korea Selatan dan Korps Marinir untuk melawan ancaman senjata artileri Korea Utara yang dikerahkan di sepanjang zona demiliterisasi.

Baca Juga: Waspada! 7 Pekerjaan Ini Diduga Bakal Musnah di Masa Depan, dari Teller Bank Sampai Juru Masak, Berikut Daftarnya

Kepada Defense News, juru bicara Hanwha Defense mengatakan bahwa K9A1, varian modifikasi dari K9 asli, telah dikirim ke layanan sejak 2018 untuk menggantikan howitzer K9 yang sudah tua.

"K9A1 memiliki fitur survivabilitas dan kemampuan manuver yang lebih baik dengan peningkatan lebih lanjut sedang direncanakan untuk menambahkan teknologi yang lebih maju ke artileri," ungkap Jeff Jeong, manajer senior unutk urusan komunikasi di Hanwha Defense.