Find Us On Social Media :

Memanasnya Hubungan Diplomatik Australia dengan China Ternyata Bawa Berkah Buat Indonesia, Ini Alasannya

Ilustrasi batubara.

GridHot.ID - Memanasnya hubungan diplomatik Australia dengan China memberi berkah bagi Indonesia.

China melarang pembelian batubara dari Australia dan mengalihkan kebutuhan batubara dari Indonesia.Hubungan diplomatik Australia dengan China memanas sejak China meningkatkan aktivitas militer di Laut China Selatan dan di dekat selat Taiwan.

Bahkan, Australia meningkatkan belanja militer sejak peningkatkan aktivitas China tersebut.Sekitar 60 kapal pengangkut batubara Australia sedang terkatung-katung, karena dilarang untuk bongkar kargo di China.

Baca Juga: Baru Selesai Sahkan UU Cipta Kerja, Jokowi Kini Resmi Perpanjang Izin Usaha Tambang Batubara Bakrie Selama 20 Tahun, Dirjen Minerba Ungkap Pertimbangannya

Sementara itu China telah menyetujui pembelian batubara termal dari Indonesia.Pemerintah China pekan ini secara tersirat menyatakan batubara metalurgi dari Australia memiliki masalah "kualitas lingkungan hidup" sehingga tertahan di pelabuhan.

Batubara jenis metalurgi digunakan untuk produksi baja, sedangkan batubara jenis termal digunakan untuk pembangkit listrik.China telah mengisyaratkan batubara Australia senilai hampir 700 juta dollar Australia, atau lebih dari Rp 7 triliun, ditahan di pelabuhan karena masalah "kualitas lingkungan".

Menurut laporan Bloomberg, setidaknya 60 kapal curah pengangkut batubara dari Australia terkatung-katung pada bulan November di dua pelabuhan utama China.

Baca Juga: Presiden Ketuk Palu Soal UU Minerba, Sosok Ini Langsung Nyinyir hingga Kecam Jokowi dan Erick Thohir: Kekuasaan Sering Ditunggangi oleh Penunggang Gelap