Find Us On Social Media :

Ingin Irit Tes Swab Corona, Satgas Covd-19 Kena Semprot IDI, Zubairi: untuk Kontak Tracing, Ya Perlu Lah!

Ilustrasi tes swab

Gridhot.ID - Sempat heboh akhir-akhir ini terkait pernyataan Satgas Covid-19.

Sebelumnya Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo meminta dinas kesehatan masing-masing daerah menghemat pengadaan tes usap (swab PCR).

Terkait hal ini, Ketua Satgas Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Zubairi Djoerban mempertanyakan pernyataan Doni.

Sebabnya, pernyataan Doni tersebut belum jelas apakah untuk kepentingan pemeriksaan umum atau kepentingan pelacakan kontak Covid-19.

Baca Juga: Israel dan Amerika Serikat Sudah Kontak dengan Alien, Mantan Perwira Berprestasi Ini Bongkar Perjanjian Antar Galaksi Demi Pangkalan Rahasia di Mars

"Untuk mengomentari ini, saya belum tahu sebetulnya ini kebijakannya untuk yang mana? Kalau untuk sekadar check up general ya setuju saja (dihemat). Namun kalau untuk kontak tracing ya justru perlu dites," kata Zubairi saat dihubungi Kompas.com, Selasa (15/12/2020).

Kendati demikian, ia menegaskan, jika untuk pelacakan kontak maka tidak boleh ada penghematan tes swab.

Hal tersebut, kata dia, karena virus dapat masuk ke tubuh manusia tanpa menyebabkan gejala maupun bergejala. Untuk itu keduanya sama-sama penting dilakukan tes.

"Untuk yang kontak tracing, walaupun asimtomatik atau tanpa gejala ya perlu lah dites. Kalau misalnya saya barusan ketemu dengan orang yang positif, meski saya tanpa gejala. Pertanyaannya apakah saya perlu diperiksa? Ya jawabannya perlu lah," jelas dia.

Baca Juga: Anak Gadis Iis Dahlia Bongkar Kisah Asmara, 5 Tahun Pacaran dengan Lutfi Aghizal, Salshadilla Ngaku Tak Merasa Kehilangan

Zubairi berpendapat, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan semua negara juga telah sepakat melakukan tes sebanyak mungkin. Tak hanya itu, tambah dia, dalam prosesnya juga diwajibkan adanya kontak tracing.

Zubairi mengatakan, ada beragam perubahan dalam penerapan tes Covid-19. Ia mengambil contoh Amerika yang terapkan perubahan-perubahan tes.