Find Us On Social Media :

Demi Rakyat, Pemeritah Siap Habiskan Rp 54 Triliun untuk Vaksin Corona Gratis Seluruh Warga Indonesia, Sri Mulyani Bongkar Datanya

Pemerintah sudah siapkan dana untuk vaksin gratis rakyat Indonesia.

Gridhot.ID - Wabah corona kini sudah ada di ujung tanduk.

Vaksin corona dilaporkan sudah banyak yang mulai disuntikkan ke warga beberapa negara.

Kini Indonesia juga ikut mempersiapkan program vaksin tersebut.

Indonesia diperkirakan akan menjalankan program vaksinasi virus corona mulai tahun 2021.

Presiden Joko Widodo memastikan vaksin virus corona gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.

Berapa anggaran vaksin virus corona?

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan pemerintah sudah menyiapkan anggaran untuk membiayai program vaksin virus corona gratis tersebut. Menurut Menkeu Sri Mulyani, saat ini sudah ada anggaran sebesar Rp 54,4 triliun yang siap dicadangkan untuk program vaksinasi virus corona untuk penanganan pandemi Covid-19 tahun depan.

Baca Juga: Heboh Lesty Kejora Didapuk Peringkat Kelima Wanita Tercantik di Dunia Hingga Kalahkan Lisa Blackpink, Netizen: Hebat Lesty Semenjak Pasang Behel

Anggaran vaksin virus corona ini akan didapatkan dari alokasi di APBN 2021 sebesar Rp 18 triliun. Kemudian alokasi anggaran kesehatan di Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) 2020 sebesar Rp 36,4 triliun yang belum dipergunakan.

Meskipun demikian, hingga saat ini pemerintah masih menghitung rencana teksnis vaksinasi mulai kebutuhan dana untuk pembelian vaksin, juga kepastian jumlah orang yang akan divaksinasi, hingga instrumen pendukung vaksinasi virus corona Covid-19.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan ada lima hal yang saat ini dilakukan oleh pemerintah untuk mempersiapkan anggaran vaksinasi gratis bagi penduduk pada 2021 mendatang sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo.

Pertama, Kementerian Kesehatan, (Kemenkes) akan menetapkan teraget jumlah penduduk yang akan menerima vaksinasi. Penetapan target jumlah penduduk ini sesuai dengan rekomendasi dari organisasi kesehatan dunia atau Wordl Health Organization (WHO) maupun saran dari persatuan ahli pandemi guna mencapai herd immunity.