Find Us On Social Media :

Berbondong-bondong ke Laut China Selatan, Tiongkok Bawa Kapal Induk Shandong ke Jalur Air yang Sama Sehari Setelah Amerika, Taiwan Pergoki Pergerakannya

ILUSTRASI. Kapal induk China, Shandong tampak melewati Selat Taiwan pada Minggu (20/12/2020).

GridHot.ID - Kapal induk terbaru China yaitu Shandong, memimpin kapal-kapal tempur untuk berlayar menyeberangi Selat Taiwan.

Pasalnya perjalanan kapal-kapal tempur China ini untuk lakukan latihan rutin di Laut China Selatan.

Berita tersebut dituturkan oleh Angkatan Laut China setelah Taiwan mengerahkan pasukannya untuk memantau perjalanan kapal-kapal tempur China pada Senin (21/12/2020)

 Baca Juga: Vaksin Sinovac Buatan China yang Dipesan Indonesia Masuk Kategori Rendah, Negeri Panda Ini Justru Pesan Vaksin Buatan Inggris

Reuters memberitakan, meskipun ini bukan pertama kalinya operator China melewati wilayah dekat Taiwan, namun hal itu terjadi pada saat ketegangan yang meningkat antara Taipei dan Beijing, yang mengklaim pulau yang diperintah secara demokratis itu sebagai wilayahnya.

Asal tahu saja, kelompok kapal induk Shandong berlayar melalui Selat Taiwan sehari setelah kapal perang AS transit di jalur air yang sama.

Militer China mengatakan membuntuti kapal AS tersebut.

 Baca Juga: Nyelonong di Selat Taiwan, Kapal Perang Amerika Dibuntuti China, Beijing Marah Besar Gara-gara Hal Ini

Angkatan Laut China mengatakan, Shandong dan kapal-kapal yang menyertainya "dengan lancar" melintasi Selat Taiwan yang sensitif dan sempit pada Minggu, menuju latihan di Laut China Selatan, di mana China memiliki keuntungan teritorial yang luas dan disengketakan.

"Latihan itu adalah bagian dari pengaturan normal yang dibuat sesuai dengan rencana tahunan," katanya.

"Ke depan, kami akan terus menyelenggarakan operasi serupa berdasarkan kebutuhan pelatihan."

 Baca Juga: Contek Perang 44 Hari Armenia-Azerbaijan, China Mulai Siapkan Strategi, Drone Bunuh Diri Disebut-sebut Jadi Kunci