Find Us On Social Media :

Berkat Musuh Bebuyutan Masa Lalunya, Jepang Kini Malah Punya Militer yang Lebih Kuat dari Masa Kejayaannya di PD II

Tentara Jepang

Gridhot.ID - Siapa yang tidak kenal dengan militer Jepang?

Militer Jepang sudah terkenal sangat ditakuti sejak perang dunia kedua.

Namun kini, keberadaan militer Jepang sendiri hanya untuk bertahan, dandilarang untuk ikut beperang atau menyerang.

Itu adalah dampak dari kekalahannya dalam Perang Dunia II, di mana ASsebagai pihak yang menang kemudian membuat dan memberlakukankonstitusi yang mengatur hal tersebut.

Terlepas dari aturan tersebut, Jepang kemudian mendirikan Pasukan BelaDiri (SDF) pada tahun 1954, menjadikannya salah satu angkatanbersenjata paling maju di dunia.

Pemerintah Jepang dapat melakukan hal itu dengan alasan bahwa karenatujuan eksklusif SDF bersifat defensif atau bertahan.

Termasuk keputusan sadar untuk tidak memperoleh persenjataan yangberorientasi pada pelanggaran, SDF tidak melanggar larangan "potensiperang".

Meski dii dalam negeri, SDF bukanlah militer. Tetapi bagi semua orang diluar Jepang, SDF adalah militer.

Baca Juga: Tangannya Seolah Gatal Ingin Nyindir Gisel, Nikita Mirzani Tulis Kata-kata Pedas: Nakal Boleh Asal Jangan Bikin Video

Kini, militer Jepang menduduki peringkat ke-5 untuk kekuatan militernya,bahkan disebut telah menjadi lebih kuat dibanding 7 dekade lalu, yaitu saatmenyerang armada Angkatan Laut AS di Pearl Harbor AS pada 7 Desember1941.

Seperti diketahui, serangan Jepang di Pearl Harbor itulah yang memicuketerlibatan AS secara langsung dalam Perang Dunia II.

Lalu, bagaimana kekuatan militer Jepang mengalami peningkatan yangdemikian?