Find Us On Social Media :

Corona Terlanjur Jangkiti 26 Juta Warganya Sampai Bunuh 437 Ribu Orang, Amerika Serikat Malah Baru Saja Wajibkan Warganya Pakai Masker di Transportasi Umum, Kenapa?

Jalanan New York saat lockdown akibat wabah corona.

Gridhot.ID - Amerika Serikat memang menjadi negara dengan tingkat kasus positif corona tertinggi di dunia.

Banyak orang menyoroti negara tersebut akibat banyaknya kasus yang tercatat

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atawa Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan perintah pada Jumat malam yang mewajibkan penggunaan masker wajah di hampir semua bentuk transportasi umum pada Senin (1/2).

Kewajiban ini muncul setelah AS terus melaporkan ribuan kematian akibat Covid-19 per hari.

Baca Juga: Dentuman Keras dan Benda yang Mengepulkan Asap Bikin Lampung Tengah Geger, Warga Langsung Berduyun-duyun Datangi Rumah Munjilah, Peneliti Buka Suara

Perintah yang akan berlaku pada pukul 23.59 pada hari Senin, mengharuskan penggunaan masker wajah oleh semua pengguna pesawat, kapal, kereta api, kereta bawah tanah, bus, taksi, dan transportasi umum dan di pusat transportasi seperti bandara, terminal bus atau feri, kereta api dan kereta bawah tanah stasiun dan pelabuhan laut.

Presiden AS Joe Biden pada 21 Januari memerintahkan lembaga pemerintah untuk segera mengambil tindakan untuk meminta penggunaan masker di bandara dan di pesawat komersial, kereta api, dan kapal laut umum, termasuk feri, layanan bus antarkota, dan semua transportasi umum.

Di bawah Donald Trump, yang menjadi presiden hingga 20 Januari, dorongan CDC untuk mengamanatkan masker dalam perjalanan diblokir.

Badan tersebut malah hanya mengeluarkan rekomendasi kuat untuk penggunaan masker. Trump juga menolak upaya Kongres untuk mengamanatkan penggunaan masker.

Baca Juga: Dituding Rasis ke Natalius Pigai Hingga Dipolisikan KNPI, Abu Janda Sebut Pelapor Ingin Balas Dendam Politik: Sakit Hati FPI Dibubarin

"Penggunaan masker pada sistem transportasi kami akan melindungi orang AS dan memberikan keyakinan bahwa kami dapat sekali lagi melakukan perjalanan dengan aman bahkan selama pandemi ini," ungkap perintah penggunaan masker setebal 11 halaman yang ditandatangani oleh Marty Cetron, direktur Divisi Migrasi Global dan Karantina CDC.

Maskapai penerbangan dan sebagian besar moda transit sudah mewajibkan masker. Tapi, perintah CDC resmi membuat orang yang tidak mengenakan masker menjadi melanggar hukum federal yang dapat memudahkan pramugari dan orang lain untuk menegakkannya.