Find Us On Social Media :

Situasi China-AS Terus Memburuk, Joe Biden Malah Kepergok Telepon Xi Jinping, Sampaikan Selamat Tahun Baru Imlek, Begini Penjelasan Gedung Putih

Joe Biden dan Xi Jinping pernah bertemu 9 tahun lalu.

GridHot.ID - Tahun Baru Imlek jatuh pada Jumat (12/2/2021) besok.

Presiden Amerika Serikat Joe Biden dilaporkan melakukan komunikasi via telepon dengan Pemimpin China Xi Jinping untuk menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Melansir Tribun Medan, untuk pertama kalinya Joe Biden dan Xi Jinping berkomunikasi langsung melalui telepon, Kamis (11/2/2021) yang dianggap sebagai isyarat niat baik untuk memulai proses pembentukan kembali hubungan China-AS setelah memburuk secara drastis dalam empat tahun terakhir.

Pihak China maupun Gedung Putih menyatakan Joe Biden dan Xi Jinping saling menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: Baru Saja Pegang Tahta di Amerika Serikat, Joe Biden Sudah Buat Negara di Asia Tenggara Mati Kutu di Tanah Mereka Sendiri, Satu Perintah Ini Buat Laut China Selatan Makin Mendidih

Tetapi Gedung Putih mengatakan Biden juga menekankan Xi Jinping pada perdagangan, hak asasi manusia, dan keamanan kawasan Indo-Pasifik.

China berulang kali menyerukan pemerintahan baru di Washington untuk memperbaiki hubungan yang rusak selama era Presiden Donald Trump.

Joe Biden juga "menegaskan prioritasnya untuk melindungi keamanan, kemakmuran, kesehatan, dan cara hidup rakyat Amerika, serta memelihara Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka".

Gedung Putih mengatakan Joe Biden "menggarisbawahi keprihatinan fundamentalnya tentang praktik ekonomi Beijing yang memaksa dan tidak adil, tindakan keras di Hong Kong, pelanggaran hak asasi manusia di Xinjiang, dan tindakan yang semakin tegas di wilayah tersebut, termasuk terhadap Taiwan".

Baca Juga: Ogah Warisi Kelakuan Donald Trump, Joe Biden Blak-blakan di Depan Muka Vladimir Putin Sebut Amerika Serikat Tak Akan Lagi Tunduk ke Rusia