Find Us On Social Media :

Niat Baiknya Cari Asal-usul Virus Corona Terhalang, Tim WHO Sebut China Tak Sudi Berbagi Data Mentah Para Pasien Covid-19 Tahap Awal, Ada Apa?

Detik-detik warga Wuhan China tumbang karena virus Corona

Gridhot.ID - Tim WHO memang sudah dikirim untuk mencari asal-usul wabah covid-19 yang sebenarnya.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) melaporkan adanya sebuah tim yang terdiri dari 10 ilmuwan internasional yang akan melakukan perjalanan ke kota Wuhan, China untuk menyelidiki asal-usul Covid-19 pada Januari 2021.

Namun tim dari WHO tersebut sepertinya terus mendapatkan halangan.

Dikutip Gridhot dari Kontan, China menolak memberikan data mentah kasus awal COVID-19 kepada tim WHO yang tengah menyelidiki asal-usul pandemi.

Baca Juga: Berwajah Sendu, BCL Ungkap Kado Terakhir yang Diberikan Mendiang Suaminya, Ibunda Noah: Biasanya Ashraf Beliin Gue Berlian, Tas, tapi Dia Ngasih...

Salah satu anggota tim penyelidik WHO menyebut sikap itu mempersulit upaya memahami bagaimana wabah tersebut dimulai.

Tim telah meminta data mentah pasien pada 174 kasus yang telah diidentifikasi China dari fase awal wabah di kota Wuhan, Desember 2019.

Namun, mereka hanya menerima ringkasan, kata Dominic Dwyer, seorang warga Australia sekaligus ahli penyakit menular yang merupakan anggota tim.

Data mentah seperti itu biasanya akan dianonimkan, tetapi berisi rincian pertanyaan apa yang diajukan kepada pasien, tanggapan mereka, serta tanggapan mereka. Semua itu akan dianalisis oleh tim.

Baca Juga: Papan 'Pelanggar PPKM' Terkalung di Lehernya, 3 Pengendara Moge yang Lolos Penjagaan di Bogor Diangkut Pakai Truk, Bima Arya: Apapun Alasannya, Aturan Tetap Berlaku

"Itu praktik standar penyelidikan wabah," kata dia kepada Reuters melalui video call dari Sydney.

Akses data mentah tersebut sangat penting karena hanya setengah dari 174 kasus awal yang terpapar di pasar Huanan. Pasar Huanan adalah pusat grosir makanan laut di Wuhan yang sekarang ditutup.