Find Us On Social Media :

Jangan Khawatir, Guru dan Pedagang Pasar Bakal Masuk Program Vaksinasi Tahap Dua, Berikut Jadwalnya

Petugas melakukan distribusi vaksin Covid-19 tahap I untuk Surabaya Raya (Surabaya, Gresik, dan Sidoarjo) dari gudang penyimpanan di Dinkes Jatim, Rabu (13/1/2021)

Gridhot.ID - Indonesia memang sudah duluan memulai program vaksinasi.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com sebelumnya, Presiden Jokowi bahkan jadi orang pertama yang disuntik vaksin tersebut.

Kini tahap pertama sudah berjalan cukup lancar dengan target para tenaga medis.

Setelah memulai vaksinasi tahap pertama dengan sasaran petugas kesehatan, kini pemerintah menargetkan lansia dan petugas pelayanan publik dalam sasaran penerima vaksinasi tahap kedua.

Baca Juga: Berhasil Cetak 759 Gol di Sepanjang Karirnya, Cristiano Ronaldo Kini Jadi Manusia Pertama di Bumi yang Punya 500 Juta Followers di Media Sosial, Dijamin Tak Bisa Tertandingi Oleh Siapapun

Dikutip Gridhot dari Kontan, Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu menuturkan, sebelumnya vaksinasi tahap kedua ditargetkan kepada petugas pelayanan publik.

Namun melihat kelompok masyarakat di atas 60 tahun atau lanjut usia (lansia) rentan terpapar Covid-19 dan angka kematian lansia karena terpapar tinggi, maka pemerintah memutuskan lansia masuk dalam prioritas vaksinasi tahap kedua.

"Ini menjadi strategi bagaimana kita menurunkan laju penyebaran virus, mengurangi beban rumah sakit serta membantu tenaga kesehatan. Untuk itu pemerintah mempercepat vaksinasi bagi lansia," jelas Maxi saat Konferensi Pers Daring Kementerian Kesehatan pada Senin (15/2).

Vaksinasi tahap kedua akan berlangsung mulai Februari 2021 dan diharapkan dapat selesai pada Mei 2021. Hingga nantinya vaksinasi akan dilanjutkan bagi kelompok masyarakat dengan rentang usia 18 tahun-59 tahun.

Baca Juga: Tiba-tiba Menghilang Tanpa Kabar, Uya Kuya dan Keluarga Ternyata Positif Covid-19 hingga Harus Dipasangi Selang Oksigen: Saya Berjuang Antara Hidup dan Mati

Adapun total sasaran untuk penerima vaksin tahap dua ialah 38.513.446, dimana kelompok petugas pelayanan publik sebanyak 17 juta dan lansia 21,5 juta.

Tahapan dan penetapan kelompok prioritas penerima vaksin, dilakukan dengan memperhatikan roadmap dari organisasi kesehatan dunia WHO, Strategic Advisory Group of Experts on Immunization(SAGE) dan juga kajian ITAGI.