Find Us On Social Media :

Jabat Ketua DPRD, Oknum Politisi Nasdem Ini Diduga Setor Rp 370 Juta Agar Anggota KKB Papua Bisa Beli Senjata, Polisi Bongkar Ada Catatan Bantuan Misterius dari Pemkab Puncak Jaya untuk Lekagak Telenggen

KKB Papua

Gridhot.ID - KKB Papua memang sudah sering kali membuat ulah.

Dikutip Gridhot dari Antara, Polisi memang sedang menyelidiki sumber pemasok dana para teroris KKB Papua ini.

Kini petugas telah berhasil menemukan sosok yang diduga jadi sumber dana para kelompok kriminal yang meresahkan tersebut.

Dikutip Gridhot dari Surya, seorang oknum politisi Nasional Demokrat (Nasdem) yang menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tolikara berinisial SAW diduga setor uang ke Ratius Murib alias Neson Murib.

Baca Juga: Pantas Punya Uang Banyak, Pemasok Senjata Api dan Amunisi untuk KKB Papua Diduga Dapat Dana dari Ketua DPRD Tolikara, Segini Totalnya

Uang sebesar itu diduga akan digunakan untuk membeli senjata yang dipakai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua melakukan pemberontakan dan melawan pemerintah.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri menyebut, Ratius Murib berepran sebagai pemasok senjata api untuk KKB Papua di Kabupaten Puncak Jaya.

Sementara, Kepala Satgas Humas Nemangkawi, Kombes M Iqbal Alqudusy mengungkapkan, keterlibatan SAW terungkap setelah Ratius Murib ditangkap di Kabupaten Puncak Jaya pada Senin (13/6/2021).

Dari pemeriksaan terhadap Ratius Murib, terungkap beberapa hal yang mengarah pada keterlibatan politisi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya membantu KKB Papua pimpinan Lekagak Telenggen.

Baca Juga: Kecemburuan Istri Ijonk Bak Jadi Pemicu Retaknya Rumah Tangga, Paman Jonathan Frizzy Sebut Dhena Devanka Suka Ngatur Suami: Kasihan Ponakan Saya

"Kami masih lakukan penyidikan terkait bukti transaksi yang ditemukan, termasuk benar atau tidaknya aliran dana ke Lekagak Telenggen," kata Kombes M Iqbal Alqudusy kepada Tribun-Papua.com (grup SURYA.co.id), Rabu (16/6/2021).

Dari penelusuran penyidik, kata Iqbal, uang Rp 370 juta diserahkan SAW kepada Ratius Murib di Hotel Metta Star Waena, Kota Jayapura, pada pertengahan April 2021.