Find Us On Social Media :

Panik Terguncang Gempa M 6,1 Belum Reda, Maluku Tengah Langsung Dilanda Tsunami dalam Waktu 2 Menit, BMKG: Cepat Sekali

tsunami di Maluku Tengah

GridHot.ID - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi tsunami.

Melansir TribunAmbon.com, peringatan dini tersebut berlaku untuk wilayah sepanjang Pantai Japutih sampai Pantai Apiahu Kabupaten Maluku Tengah, Pulau Seram, Maluku.

Peringatan potensi tsunami tersebut dikeluarkan menyusul gempa dengan magnitudo 6,1 SR mengguncang wilayah Maluku Tengah, Rabu (16/7/2021) pukul 13.43 WIT atau 11.43 WIB.

 Baca Juga: Makin Menegaskan Peringatan BMKG, Mbak You Ungkap Terawangannya Soal Dahsyatnya Bencana yang Bakal Menimpa Jateng-Jatim Tahun Ini: Moga-moga Tak Terjadi Bakal Ada Banyak Korban

Dilansir dari TribunJateng.com, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Ambon Herlambang Hudha mengatakan, tsunami dengan skala kecil itu terjadi di Kecamatan Tehoru beberapa saat setelah gempa.

“Setelah terjadi gempa kita bandingkan cuma berselang dua menit, muncul tsunami tapi cepat sekali,” kata Herlambang kepada Kompas.com via telepon seluler, Rabu malam.

Menurutnya, tsunami berskala kecil tersebut terjadi akibat longsoran bawah laut di wilayah itu.

 Baca Juga: Potensi Gempa Bumi dan Tsunami di Laut Selatan Jatim Buat Netizen Ketakutan, Mbak You Mendadak Ungkap Ramalannya yang Dulu-dulu: Walaupun Saya Tahu...

“Kami dari BMKG dari awal kan sudah merilis tsunami, tsunami diperkirakan karena longsoran bukan karena mekanisme gempa yang menyebabkan tsunami tapi longsoran bawah laut, kami memperkirakannya itu,” ungkapnya.

Seharusnya, kata Herlambang, gempa bermagnitudo 6,1 yang mengguncang Maluku Tengah tak menimbulkan tsunami.