Find Us On Social Media :

Satpol PP, TNI, dan Polri Bakal Jadi Pengawas di Warung-warung Makan, Mendagri: Mungkin Terdengar Lucu...

Ilustrasi warteg

Gridhot.ID - Pemerintah memang kini mulai memperpanjang PPKM.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, PPKM diperpanjang hingga 2 Agustus mendatang.

Meski diperpanjangan, pemerintah memberikan kelonggaran untuk warung makan kini bisa melakukan makan di tempat.

Baca Juga: Namanya Sudah Dicatat, Seorang Babinsa Berpangkat Kopral di Solo Senang Bukan Main Diberi Tiket Pendidikan dari Panglima TNI Gara-gara Berhasil Lakukan Ini

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI maupun Polri nantinya dikerahkan untuk mengawasi pergerakan masyarakat di tempat makan.

Berdasarkan Instruksi Mendagri yang terbaru tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di tempat makan salah satunya, pengunjung tempat makan diperbolehkan melakukan aktivitas makan selama 20 menit.

"Pada pelaku usaha, kita harapkan nanti ada pengawas dari Satpol PP, dibantu TNI/Polri agar aturan ini bisa berjalan. Mulai dari yang persuasif, pencegahan, sosialisasi, sampai langkah-langkah koersif. Tentunya dengan cara yang santun tidak menggunakan kekuatan berlebihan," ujarnya dalam keterangan pers terkait PPKM Level 4 melalui tayangan Sekretariat Presiden, Senin (26/7/2021).

Baca Juga: Aneh Cuma Sehari, Raffi Ahmad Akhirnya Ngaku Pernah Positif Corona, Suami Nagita Slavina: Gue udah 2 Kali Vaksin!

Keputusan pembatasan makan selama 20 menit tersebut tentu saja menurutnya mencegah penularan virus corona.

Sebab kata Tito, penularan Covid-19 terjadi ketika berkomunikasi secara langsung sekaligus mencegah terjadinya penumpukan antrean pengunjung atau pembeli yang hendak makan di rumah atau warung makan tersebut.

"Jadi makan tanpa banyak bicara, 20 menit saja cukup, kemudian memberikan kesempatan makan bagi orang lain. Kalau banyak, ngobrol, kemudian sambil berbincang-bincang itu rawan penularan," jelas dia.

Baca Juga: PPKM Perpanjangan, Rizky Billar Ngotot Ogah Paksakan Gelar Akad Nikah dengan Lesti Kejora Jika Tamu Kondangan Masih Dibatasi