Find Us On Social Media :

Menyesal Salah Pilih Saat Referendum Merdeka dari Indonesia, Warga Timor Timur Kini Hidup Penuh dengan Penderitaan, Begini Kondisi Mereka yang Memilukan

Ribuan warga Kota Dili antre dalam pelaksanaan penentuan pendapat di Timor Timur, 30 Agustus 1999. Antusiasme yang sangat tinggi begitu terlihat dalam pelaksanaan penentuan di Timor Timur.

Gridhot.ID - Timor Leste memang jadi salah satu negara yang paling dekat dengan Indonesia.

Tak hanya letak geografisnya, Timor Leste sendiri sempat menjadi bagian dari Indonesia dahulu kala.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Timor Leste resmi memerdekakan diri dari Indonesia di tahun 2002 lalu.

Baca Juga: Pelaku Disebut Sempat Mondar-mandir di Lokasi, Ahli Psikologi Forensik Singgung Ada Sosok Intelektual di Balik Kasus Penembakan Ustaz Armand, Siapa?

13 hari usai peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, tepatnya pada tanggal 30 Agustus 1999, digelar referendum di Timor Timur.

Akhirnya, provinsi ke-27 Indonesia itu lepas dari negara tercinta ini dan memperoleh status resminya sebagai negara pada 20 Mei 2002.

Dikutip Gridhot dari Serambinews, sebanyak 94.388 orang atau 21,5 persen penduduk Timor Timur memilih tetap bergabung dengan Indonesia, sedangkan mayoritas 344.580 orang atau 78.5 persen warga Timor Timur memilih merekat.

Baca Juga: Punya Banyak Pembantu di Rumah Megahnya, Sarwendah Justru Pilih Lakukan Kerjaan Rumah Tangga Ini Seorang Diri Hingga Dapat Nyinyiran dari Iis Dahlia: ART Loe Ngapain?