Find Us On Social Media :

Dirumorkan Sudah Tewas, Pimpinan Al Qaeda Pengganti Osama Bin Laden Ternyata Masih Hidup, Muncul dalam Video 20 Tahun Peringatan Serangan 9/11

Pemimpin Al Qaeda Ayman al-Zawahiri muncul lewat tayangan video

Gridhot.ID - Sekutu mantan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden, Amin-ul-Haq muncul di Afghanistan setelah Taliban menguasai negara tersebut pasca hengkangya pasukan AS.

Amin-ul-Haq kembali ke provinsi asalnya Nangarhar dan video munculnya tokoh penting Al Qaeda tersebar luas.

Dilansir Kompas.com dari India Today (31/8/2021), Amin-ul-Haq adalah pembantu dekat Osama bin Laden sebelum Osama bin Laden dibunuh pasukan AS di Abbottabad, Pakistan pada 2011.

Baca Juga: Kekuasaannya Bagai Bawa Derita, Taliban Disebut Lecehkan dan Intimidasi Staf PBB yang Bertugas, Ini Pengakuan Utusan Khusus

Amin-ul-Haq juga merupakan penanggung jawab keamanan Osama bin Laden di Tora Bora sekaligus koordinator Pengawal Hitam, unit elit yang bertanggung jawab melindungi Osama bin Laden.

Mantan pejabat Direktur CIA, Michael Morrell mengatakan, pengambilalihan cepat Taliban di Afghanistan ketika AS menarik keluar pasukannya, menginspirasi para ekstremis di seluruh dunia.

Kelompok ekstremis, menurut dia, merayakan penarikan pasukan barat dari Afghanistan, saat AS memperingati 20 tahun serangan 9 September (9/11).

"Taliban mengatakan: kami tidak mengalahkan Amerika Serikat; kami mengalahkan NATO. Kami mengalahkan kekuatan militer terbesar di dunia yang pernah ada. Jadi ada perayaan yang sedang berlangsung," ujar Morrell menirukan Taliban kepada CBS "Face the Nation", Minggu (12/9/2021) melansir TribunJateng.com.

Baca Juga: Kematiannya 11 Tahun Lalu Disebut Cuma Rekayasa Belaka, Osama Bin Laden Diyakini Masih Hidup, Kejanggalan Operasi AS Ini Jadi Bukti Kuatnya