Find Us On Social Media :

Kebal Vaksin, Covid-19 Bostwana Diklaim Lebih Buruk dari Varian Delta yang Sempat Buat Indonesia Kalang Kabut, Ilmuwan Lempar Peringatan

Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk peserta CPNS 2021

Gridhot.ID - Wabah covid-19 memang sudah membuat seluruh dunia termasuk Indonesia dalam awan hitam kelam.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, pertengahan tahun 2021 saja saat covid-19 varian Delta menyebar Indonesia dibuat kerepotan karena banyaknya korban meninggal.

Meski sudah mereda berkat program vaksin yang sangat cepat, kini dunia harus waspada terkait covid-19 varian yang satu ini.

Dikutip Gridhot dari Kontan, para ilmuwan telah memperingatkan, varian Covid-19 baru dengan "jumlah mutasi yang sangat tinggi" diyakini sebagai jenis virus yang paling berevolusi dan dapat lolos dari vaksin yang ada.

Baca Juga: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, 'Lapangkan dan Terangkan Kuburnya', Pentolan Slank Ini Baru Saja Kehilangan Sosok Terpenting dalam Hidupnya

Mengutip mirror.co.uk, varian B.1.1.529, cabang dari varian lama yang disebut B.1.1, memiliki 32 mutasi spike pada protein spike dan telah ditemukan di Botswana (tempat yang diyakini pertama kali muncul), serta Afrika Selatan dan Hong Kong.

Hanya 10 kasus varian baru sejauh ini yang terlihat melalui sekuensing genomik. Akan tetapi para ahli percaya bahwa identifikasinya di tiga negara menunjukkan penyebarannya bisa lebih luas.

Satu kasus yang diidentifikasi di Hong Kong berasal dari seseorang yang baru saja melakukan perjalanan dari Afrika Selatan, memicu kekhawatiran bahwa lebih banyak infeksi dapat menyebar melalui perjalanan internasional.

Tingginya jumlah mutasi pada varian baru telah menimbulkan kekhawatiran di kalangan komunitas ilmiah, karena sejumlah mutasi dapat membantu virus menghindari kekebalan.

Baca Juga: Viral Polantas Dikejar Pria Bawa Parang dan Celurit di Tengah Jalan, Ternyata Ini Duduk Perkaranya, Tak Terima Gara-gara Anaknya Diperlakukan Begini