Find Us On Social Media :

Pulau-pulau Sekitarnya Rusak Parah, Detik-detik Dahsyatnya Letusan Gunung Tonga Terekam Satelit Luar Angkasa, 'Asap Jamur Raksasa' Jadi Bukti Kengeriannya

Letusan Gunung Tonga terekam kamera

Gridhot.ID - Letusan Gunung Tonga kini buat seluruh dunia gempar.

Dikutip Gridhot dari Tribun WOW, pulau-pulau terluar Tonga dilaporkan alami kerusakan parah usai Gunung Tonga meletus.

Beberapa desa nampak hancur parah akibat tsunami yang ditimbulkan dari letusan gunung tersebut.

Dikutip Gridhot dari Tribunstyla, Ganasnya letusan Gunung Tonga, disebut salah satu yang terbesar dan terlihat dari luar angkasa, separuh dunia terdampak.

Letusan gunung berapi bawah laut yang kuat di Tonga pada hari Sabtu (15/1/2022) terlihat dari luar angkasa.

Dilansir dari Space.com, letusan tampak jelas dari satelit pengamat Bumi, yang menunjukkan kekuatan dahsyat ledakan di laut Pasifik Selatan ini.

Letusan gunung berapi di pulau Hunga Tonga-Hunga Ha'apai terlihat dari satelit pengamat Bumi GOES West yang dioperasikan oleh Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS (NOAA).

Video ini menunjukan letusan yang mengeluarkan gumpalan gunung berapi naik tinggi menuju atmosfer seperti jamur raksasa.

Selama letusan, gelombang kejut pun juga terlihat memanjang dari Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, salah satu dari 170 pulau yang membentuk kerajaan Pasifik Selatan.

Baca Juga: Geger Makam Mak Erot Dibongkar, Kondisi Jenazah Jadi Sorotan, Sesepuh Kampung Ungkap Hal Mengejutkan Ini

Letusan gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai mengakibatkan gelombang tsunami serta lumpuhnya jalur komunikasi.

Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai berjarak sekitar 65 km dari Ibu Kota Tonga, Nuku’alofa.