Find Us On Social Media :

Minyak Goreng Langka Gara-gara Ditimbun, Ombudsman Bongkar Cara Kerja Oknum Pasar Modern dan Tradisional Main Cuan di Bisnis Ini

Minyak goreng di pasaran

Gridhot.ID - Minyak Goreng kini jadi bahan pokok yang langka di pasaran.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, pemerintah sebelumnya sempat membuat aturan Harga Eceran Tertinggi untuk minyak goreng.

Pasalnya harga minyak goreng beberapa waktu lalu sempat naik tajam hingga mendapat keluhan masyarakat.

Usai adanya HET yang membuat minyak goreng dijual maksimal di angkat Rp 14 ribu per liter, sekarang malah stoknya mulai langka di pasaran.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Ombudsman RI (ORI) menyampaikan tiga temuannya terkait kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng di pasaran.

Anggota ORI Yeka Hendra Fatika menjelaskan, temuan itu didapatkan dari data laporan situasi masyarakat dari 34 provinsi di Indonesia.

“Pertama adalah penimbunan. Nah, ini harapannya satgas pangan bereaksi cepat dan ketegasan juga diperlukan. Begitu satgas pangan tegas, upaya-upaya penimbunan bisa diminimalisir,” sebut Yeka dalam konferensi pers virtual ORI, Selasa (8/2/2022).

Kedua, lanjut Yeka, pihaknya menemukan adanya upaya pengalihan penjualan minyak goreng dari pasar modern ke pasar tradisional.

“Jadi memang dibuat langka karena ada oknum di pasar modern menawarkan pada pelaku di pasar tradisional untuk membeli minyak goreng,” jelasnya.

Baca Juga: Karyawan Lamanya Tinggal Satu Orang, Rizky Billar Akui Dirinya Galak Masalah Kerjaan, Kesalahan Ini yang Selalu Buat Darahnya Mendidih

Yeka mengatakan, situasi ini lah yang membuat kelangkaan minyak goreng di pasar modern.

Dalam pandangannya, motivasi pengalihan penjualan itu dilakukan agar minyak goreng bisa dijual dengan harga lebih mahal.