Find Us On Social Media :

Truk ODOL Rugikan Indonesia Sampai Rp 43 Triliun Per Tahun, Hal-hal Ini yang Buat Anggaran Indonesia Jebol

Ratusan truk banjiri ruas tol Purbaleunyi hingga bikin macet, mereka unjuk rasa aturan truk ODOL, (22/2/22)

Gridhot.ID - Truk ODOL masih terus menjadi masalah di Indonesia.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, Menhub kini terus berupaya agar tahun 2023 mendatang truk ODOL bisa benar-benar hilang.

Dikutip Gridhot dariKompas.com, sejumlah strategi untuk memberantas kendaraan Over Dimension Over Loading (ODOL) yang banyak beroperasi di jalan raya, dan dianggap merugikan, tengah disusun pemerintah.

"Kami tengah menyusun peta jalan menuju Indonesia bebas ODOL 2023. Sebagaimana kita tahu bahwa keberadaan ODOL ini banyak sekali merugikan negara," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangannya, Rabu (09/03/2022).

Selain upaya pengawasan dan penegakan hukum yang terus digencarkan, sejumlah upaya lainnya juga ditempuh guna mewujudkan kebijakan tersebut.

Upaya tersebut antara lain pemanfaatan teknologi informasi, aplikasi jembatan timbang, hingga penguatan regulasi.

Di samping itu, dilakukan juga pengaturan tarif angkutan logistik, rekayasa tata cara muat kendaraan barang jaringan logistik, akreditasi pengujian kendaraan bermotor, hingga kompensasi untuk penguji dan petugas pengawasan lalu lintas.

Selanjutnya, penerapan e-manifest, e-tilang, sistem manajemen keselamatan, e-log book, pengaturan daya dukung jalan dan jembatan yang terhubung dengan command center.

Kemenhub juga terus meningkatkan koordinasi dengan pemangku kepentingan terkait di antaranya Polri, Kementerian PUPR, Kementerian Perindustrian, Pemda hingga asosiasi pengusaha transportasi logistik guna mencapai tujuan Indonesia bebas ODOL 2023.

Baca Juga: Kembangkan Kasus Penipuan Binomo Indra Kenz, Bareskrim Polri Periksa 19 Saksi, Vanessa Khong dan Ibunda Indra Kenz Masuk dalam Daftar

"Hal ini diupayakan juga dengan mengakomodir saran dan masukan pengguna jalan, masyarakat hingga aspirasi pengusaha dan pengemudi angkutan barang," ujar Budi.

Budi menyebut keberadaan truk ODOL telah menyebabkan sejumlah kerugian seperti infrastruktur jalan yang cepat rusak dan kecelakaan lalu lintas.