Find Us On Social Media :

Jadi Cagar Budaya, Begini Sejarah Berdirinya Masjid Cipaganti di Bandung, Punya Arsitektur Khas Bangunan Eropa dan Jawa

Masjid Cipaganti Bandung.

GridHot.ID - Masjid bersejarah yang menjadi bukti perkembangan agama Islam dan dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata religi saat Ramadhan adalah Masjid Cipaganti di Bandung, Jawa Barat.

Masjid Cipaganti disebut sebagai masjid bersejarah lantaran telah dibangun sejak tahun 1933, karena telah berumur cukup tua, masjid ini pun kerap kali dijadikan destinasi wisata religi terlebih saat bulan Ramadhan tiba.

Selain itu, Masjid Cipaganti sering dijadikan destinasi wisata religi saat bulan Ramadhan tiba lantaran tempat ibadah umat muslim ini menjadi Masjid pertama yang dibangun di kawasan Bandung utara.

Dikutip GridHot.ID dari Kompas.tv,  ide pembangunan masjid ini muncul ketika pada saat itu belum ada tempat beribadah bagi umat muslim di wilayah Bandung utara. 

Lantas, seperti apa kisah awal pendirian masjid yang menjadi ikon warga Bandung ini?.

Sejarah Masjid Cipaganti

Tahun 1933 menjadi awal pendirian masjid ini dengan dilakukannya peletakan batu pertama oleh Bupati Bandung saat itu, Raden Tumenggung Hasan Sumadipraja.

Selang setahun kemudian, pada tahun 1934, pembangunan Masjid Cipaganti pun dinyatakan selesai dan masjid itu pun diresmikan.

Sejak awal pembangunannya, umat muslim pun menjadikan masjid ini sebagai pusat penyebaran dan pusat belajar agama Islam di kawasan Bandung utara.

Baca Juga: Berdiri Kokoh di Tanah Wakaf Bupati Pertama Semarang, Begini Sejarah Masjid Agung Jawa Tengah, Diresmikan Langsung Oleh SBY

Bangunan Masjid Cipaganti ini sendiri dirancang oleh seorang arsitek asal Belanda yang bernama Wolff Schoemaker.

Wolff Schoemaker tidak sendirian dalam merancang masjid bersejarah itu.