Find Us On Social Media :

Selama Bulan Ramadhan 2022, Arab Saudi Batasi Volume Pengeras Suara di Masjid dan Larang Organisasi Sembarangan Buat Acara Buka Bersama Sendiri, Begini Penjelasannya

Masjidil Haram pada Jumat (6/3/2020)

Gridhot.ID - Beberapa saat lagi kita akan segera menikmati bulan Ramadhan 2022.

Dikutip Gridhot dari Tribunnews, diperkirakan awal bulan Ramadhan 2022 akan dimulai pada 2 April nanti untuk di Indonesia.

Berbagai negara di dunia juga sudah mulai mempersiapkan aturan terkait Ramadhan 2022, salah satunya adalah Arab Saudi.

Dikutip Gridhot dari Kompas.com, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi belum lama ini telah mengeluarkan aturan terkait pembatasan pengeras suara masjid di negaranya selama Ramadhan 2022.

Aturan itu bukan hanya mencakup pengeras suara eksternal, melainkan juga pengeras suara internal masjid.

Dilansir dari Saudi Gazette, Kementerian Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi telah menentukan tingkat yang diizinkan dari sistem pengeras suara internal di masjid-masjid.

Tingkat kenyaringan dari perangkat internal di masjid tidak boleh melebihi sepertiga dari level maksimal pengeras suara.

Kementerian Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi juga telah meminta pengurus masjid untuk terus mematuhi edaran yang mengatur pembatasan penggunaan pengeras suara eksternal hanya untuk panggilan shalat pertama dan kedua (azan dan ikamah).

Pembatasan pengguanan pengeras suara eksternal itu diketahui telah diberlakukan Arab Saudi sejak tahun lalu.

Baca Juga: Digeruduk Para Investor Token ASIX, Anang Hermansyah Janji Tak Bakal Kabur dari Tanggung Jawabnya: Tenang dan Sabar!

Bukan hanya soal pengeras suara

Selain mengenai pengeras suara, Kementerian Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi juga telah mengeluarkan beberapa arahan lain sebelum dimulainya bulan suci Ramadhan 2022.