Find Us On Social Media :

Asam Lambung Kumat saat Puasa, Bahan-bahan Alami di Rumah Ini Bisa Jadi Obat Mujarab, Mulai dari Soda Kue hingga Cuka Apel

Ilustrasi pengidap asam lambung

GridHot.ID - Penyakit asam lambung bisa sangat menyebalkan jika tiba-tiba kambuh saat seseorang sedang menjalankan ibadah puasa.

Perlu diketahui, penyakit asam lambung merujuk pada naiknya asam lambung yang menyebakan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.

Melansir Verywell Health, gejala asam lambung naik bermacam-macam.

Mulai dari perut kembung, bau mulut, batuk kering, sering bersendawa, heartburn (nyeri atau sensasi terbakar di dada), kesulitan menelan, cegukan, mual atau muntah, hingga sakit tenggorokan.

Asam lambung naik bisa dipicu oleh makanan atau kebiasaan buruk seperti berbaring setelah makan atau merokok.

Selain menggunakan obat yang dijual bebas di apotek, asam lambung juga bisa diatasi dengan bahan-bahan alami yang bisa ditemukan di rumah.

Masih melansir Verywell Health, berikut bahan-bahan alami yang bisa membantu mengatasi asam lambung.

1. Gunakan herbal seperti jahe, chamomile, atau jus lidah buaya, yang berfungsi mengatasi masalah pencernaan.

2. Campurkan sejumput soda kue dengan air untuk membuat larutan basa yang dapat menetralkan asam lambung.

Baca Juga: Hindarkan Orang Puasa dari Mimpi Buruk, Jangan Konsumsi Makanan Ini saat Sahur Agar Asam Lambung Tidak Kumat di Siang Hari

3. Sama seperti soda kue, campuran sesendok cuka apel dengan sedikit air juga dianggap bisa membantu menetralkan asam lambung.

4. Kunyah permen karet bebas gula. Hal itu akan membantu memproduksi air liur yang bisa menenangkan serta membantu menurunkan produksi asam lambung.

5. Makan pisang. Buah pisang sangat kaya potasium, sehingga baik untuk melawan asam lambung yang mengiritasi kerongkongan.

(*)