Find Us On Social Media :

Tunjukkan Taringnya Pada China, 2 Penantang Hagemoni Beijing di Indo-Pasifik Bersatu, Australia dan Jepang Perlihatkan Terobosan Interoperabilitas Ini

Australia-Jepang

GridHot.ID - Australia dan Jepang mula menunjukkan taringnya untuk mengimbangi pertumbuhan kekuatan China di kawasan Indo-Pasifik.

Baru-baru ini, angkatan udara Australia dan Jepang menunjukkan terobosan interoperabilitas dengan melakukan operasi pengisian bahan bakar di udara.

Dilansir dari artikel Eurasian Times yang tayang pada Minggu (1/5/2022), Angkatan Udara Australia (RAAF) melakukan uji terbang pengisian bahan bakar udara-ke-udara dengan Pasukan Bela Diri Udara Jepang (JASDF).

Sebuah pesawat RAAF KC-30A Multi-Role Tanker Transport (MRTT) dan JASDF Mitsubishi F-2 berpartisipasi dalam program rekayasa uji terbang di Jepang, yang berlangsung dari 4 hingga 27 April.

Wakil Marsekal Udara Darren Goldie, Komandan Udara Australia, mengatakan program uji terbang yang sukses akan membantu keterlibatan bilateral kedua negara menjadi lebih rumit dan canggih.

"Kemampuan kami untuk bekerja sama dengan lancar akan memastikan kami dapat terus menegakkan dan memperkuat kawasan Indo-Pasifik yang aman, inklusif, dan tangguh," kata Goldie.

"Program uji terbang ini merupakan puncak dari kerja sama erat selama dua tahun antara Unit Penelitian dan Pengembangan Pesawat Australia (ARDU), dan JASDF Air Development and Test Wing (ADTW)," lanjutnya.

Sebelumnya pada bulan Maret, KC-30A multi-role tanker transport (MRTT) dari RAAF menyelesaikan pengisian bahan bakar udara-ke-udara (AAR) pertama dengan pesawat patroli P-8A Angkatan Laut AS.

Itu adalah AAR pertama antara kedua pesawat dalam pengaturan operasional.

Baca Juga: Rusia-China Tunjukkan Kekuatan Militer Superioritas dengan Luncurkan Rudal Sarmat dan YJ-21, Sengaja Buat AS Beserta Sekutunya Ciut Nyali?

Dari Pangkalan RAAF Amberley di Queensland, RAAF menjalankan armada tujuh KC-30A, masing-masing mampu membawa lebih dari 100 ton bahan bakar dan mengisi bahan bakar setiap pesawat yang kompatibel.